Mobilio & Jazz Direcall, Honda Indonesia: Perbaikan Gratis

Honda Mobilio versi lama.
Sumber :
  • Dokumentasi Honda Prospect Motor (HPM)

VIVA.co.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia baru-baru ini menarik ribuan unit mobilnya. Recall tersebut dilakukan terhadap mobil Honda Mobilio, Honda Jazz, dan sedan Honda City.

Nasib Honda Mobilio yang Tak Laku di India

Dalam keterangannya, penarikan yang juga disebut kampanye pembaruan program ini terjadi pada bagian Electronic Control Unit (ECU) yang bermasalah. Adapun jumlah unit yang teridentifikasi di dalam recall ini meliputi 19.881 unit Honda Mobilio tipe CVT produksi tahun 2014 dan 2015, 745 unit Honda Jazz tipe CVT produksi tahun 2014, dan 17 unit Honda City tipe CVT produksi tahun 2014.

Menurut Marketing and Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, seluruh diler Honda terbuka menerima program recall yang diumumkan pihaknya. Artinya, masyarakat tak perlu ragu untuk mendatangi diler untuk segera mendapatkan perbaikan secara gratis.

"Silakan datang saja ke diler. Karena barang penggantinya sudah kami siapkan. Seluruh diler Honda terima recall," ujarnya di Jakarta, Rabu, 11 November 2015.

Recall Besar-besaran Mobil Honda Dimulai Bulan Depan

Selain itu, Jonfis memastikan, konsumen yang datang ke diler pasti akan mendapatkan perbaikan komponen ECU yang baru. "Kalau mobil yang datang itu memang yang terkena program recall, tanpa pemiliknya meminta pun sudah pasti akan kami ganti," ujarnya menambahkan.

Untuk penggantian tersebut, konsumen dipastikan tidak akan dikenakan biaya. Recall telah diberlakukan produsen asal Jepang ini mulai 2 November lalu. "Kalau di luar negeri ada masanya selama enam bulan penggantian. Tapi di sini, selama kendaraannya masih beredar dan memang berumur belum lama, masih akan kami perbaiki," katanya.

"Program recall ini bukan kejahatan. Tapi memang kewajiban kami demi kenyamanan dan keselamatan konsumen. Kami lebih memilih untuk mengumumkan kepada konsumen dan diperbaiki gratis dibandingkan jika konsumen tidak tahu. Untuk saat ini kita masih belum bisa berapa unit yang telah diperbaiki, karena data biasanya baru terlihat dalam satu bulan."

Bermasalah, Honda Recall Hampir 400 Ribu Mobil di Indonesia

(mus)

Toyota FT 86

Toyota FT 86 Kena 'Recall', Bagaimana dengan Indonesia?

Ini menjadi mobil sport pertama yang dijual TAM di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016