Penjualan City Car Anjlok, Mitsubishi Incar Pelajar

Press Conference & Media Launching – New Mirage 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Dari sekian banyak mobil yang laku di Tanah Air, penjualan kendaraan jenis city car rupanya kurang mengembirakan

8 Mobil Baru 2023 di Bawah Rp200 Juta

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo), selama Januari-September 2016, city car yang masuk dalam segmen A hanya terjual sebanyak 17.674 unit.

Angka ini turun 51,47 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, yang tembus 36.416 unit.

Mobil Mirip Alphard Ini Dijual Cuma Rp84 Juta, Sudah Ada di Diler

Beberapa model yang masuk dalam Segmen A yakni Toyota Etios, Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Daihatsu Sirion, KIA Picanto, Nissan March, Suzuki Splash, dan Hyundai i10.

Operating General Manager PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Irwan Kuncoro, tak menampik kabar bahwa mengecilnya penjualan city car segmen A dikarenakan ekspansi dan penetrasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

Suzuki Ignis Masih Dilirik di Tengah Gempuran Pasar Mobil SUV

“Lebih kena yang A segmen, karena posisi harganya itu setelah LCGC. Memang harganya mepet,” kata Irwan kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Khusus  Mirage, lanjut Irwan, dengan hadirnya model terbaru yang telah diluncurkan beberapa bulan lalu, target pasar yang dituju tak lagi entry buyer seperti karyawan dan keluarga muda.

Mirage baru lebih menyasar kaum lebih muda, seperti mahasiswa dan pelajar. Di segmen ini, Irwan menyatakan, umumnya mahasiswa maupun pelajar tak membutuhkan bodi mobil berukuran besar dengan kapasitas tujuh penumpang.

Sebaliknya, kata Irwan, karena target untuk anak muda, maka yang lebih diunggulkan adalah gaya dan desain, serta fitur yang mumpuni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya