Berencana Mau Ganti Sunroof, Berikut Kisaran Biayanya

Sunroof.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Mobil kelas premium kini sudah banyak yang telah dibekali sunroof. Perangkat ini merupakan sebuah panel di atap mobil yang memungkinkan udara dan cahaya masuk ke dalam kendaraan.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Di pasaran, sunroof banyak ditawarkan berbagai jenis, mulai dari copotan kendaraan hingga produk aftermarket. Lantas, jika Anda ingin mengganti atau memasang sunroof, berapa anggaran yang perlu disiapkan?

Dewa Indra, pemilik Garasi Sunroof mengatakan, saat ini merek aftermarket yang beredar cukup banyak. Di antaranya Wbasto, Cold Blue, dan Sparkel. Kata dia, harga sunroof aftermarket kebanyakan dibanderol Rp13 juta sampai Rp15 juta. Banderol itu tentu lebih mahal ketimbang sunroof copotan yang juga banyak dijual di pasaran.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

"Kalau untuk pemasangan sunroof aftermarket lebih simpel, karena hanya butuh waktu empat sampai lima jam saja. Tinggal cutting atap dan lem," katanya kepada VIVA.co.id.

Dijelaskan, sunroof aftermarket tidak mempunyai jalur pembuangan air, sehingga tidak perlu bikin dudukan lagi. Berbeda dengan sunroof copotan pabrikan yang punya memiliki jalur pembuangan air. 

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Interior Subaru Exiga saat sunroofnya dibuka

"Kalau sunroof copotan lebih murah, hanya Rp3,5 juta sampai Rp4,5 juta. Tetapi, harga itu belum termasuk ongkos pemasangan, pengecatan ulang atap mobil, dan merapikan kembali plafon kabin," ujarnya.

Lantaran sunroof copotan pabrikan memiliki jalur pembungan air, serta keempat sudutnya terdapat, maka kata dia harus dibuat dudukan ulang. "Setelah cutting atap ada bagian yang dilas, sehingga cat terbakar, makanya dilakukan pengecatan ulang," ujar Dewa. "Waktu pengerjaan satu mingguan, dan untuk biaya pemasangan total Rp5 juta, karena palfon juga ikut dirapikan lagi."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya