Joinan Toyota-Daihatsu Bakal Lahirkan Mobil Baru, Apa Itu?

Calya-Sigra
Sumber :
  • Dok: Calsic

VIVA.co.id – Kolaborasi Toyota dan Daihatsu sepertinya tak akan berhenti dengan telah meluncurnya mobil murah Multi Purpose Vehicle, Cayla dan Sigra. Keduanya, kini tengah menyiapkan mobil compact untuk pasar negara-negara berkembang.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Hal itu akan tertuang lewat gagasan ‘Emerging-Market Compact Car Company’ yang kini tengah dibangun dua produsen mobil asal Jepang tersebut. Dengan gagasan ini, Daihatsu mendapat tanggungjawab baru untuk membangun mobil compact dengan harga terjangkau bagi konsumen.

Emerging-Market Compact Car Company, menurut Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sudirman Maman Rusdi sangat mungkin untuk dikembangkan di Indonesia.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

"Sebetulnya sih, ada kesempatan. Kan, kami bisa lihat di Indonesia ini grup Toyota ada ADM (Astra Daihatsu Motor) ada TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Apakah produk yang akan dikeluarkan dibikin di Indonesia apa enggak? Kalau di Indonesia, bisa dibikin di ADM, atau TMMIN," kata dia.

Namun, menurut Vice President Director PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, untuk tahap awal, pengembangan, pengadaan, sampai persiapan produksi, sepertinya akan menggunakan fasilitas Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) di Thailand. Baru nanti kemungkinan Indonesia jadi salah satu basis produksi.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Soal produk mobil compact yang dihasilkan, memang belum dijelaskan lebih rinci. Meski demikian, Sudirman menyebut proyek kerja sama Toyota-Daihatsu yang saat ini sudah berjalan akan tetap dilanjutkan.

"Ya, yang saat ini saja terus jalan. Pengertiaan mobil compact-nya itu kalau kami lihat ada A segmen dan B Segmen, lalu  bagaimana mesinnya. Selama ini, di Indonesia engine-nya 1.500cc. Ya, itu pengertian mobil compact di sini," katanya. (asp)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022