Mercedes-Benz Terancam Didepak dari Gaikindo

Melihat Perakitan Mobil Mercedes-Benz.
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVA – Setiap agen pemegang merek mobil yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) wajib menyetorkan data penjualan. Tapi, hal tersebut tidak dilakukan Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mercedes-Benz Punya Sejarah Unik yang Jarang Diketahui Orang

Sampai akhir 2017, Mercedes-Benz tidak juga menyerahkan data penjualannya secara lengkap, kasus ini pernah dilakukannya juga pada 2012 lalu. Nah, untuk tahun 2017 Mercedes-Benz hanya melaporkan data penjualan Januari sampai April saja yang mencatat 1.380 unit.

Jika dirincikan, penjualan wholesales Mercedes-Benz pada Januari itu tercatat 284 unit, Februari 352 unit, Maret 425 unit, dan April 319 unit.

Kaget Lihat Angka Penjualan Mobil SUV Mewah Ini

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, tindakan Mercedes-Benz tidak dibenarkan dalam keanggotaan Gaikindo, karena setiap agen pemegang merek itu wajib menyetor data penjualannya. Jika hal tersebut dilakukan lagi, Mercedes-Benz tercancam dikeluarkan dari anggota.

“Kita lihat saja nanti ke depannya bagaimana. Kami juga ditanyakan pemerintah kenapa Mercedes-Benz tidak menyetor data penjualannya. Kami memanggil perwakilan Mercedes-Benz, alasannya principal tidak mengizinkan data penjualan di informasikan,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Selasa 2 Januari 2018.

Mobil SUV Gagah Buatan Lokal Mengaspal di RI

Gaikindo sudah mendapatkan mandat dari pemerintah untuk mengumpulkan data penjualan setiap agen pemegang merek yang tergabung menjadi anggota. Dan data penjualan itu bukan menjadi sebuah rahasia lagi bagi industri.

“Kami juga pernah bertemu dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan mereka bilang juga memberikan data penjualan itu tidak melanggar aturan,” katanya.

Ilustrasi kecelakaan.

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Akibat tabrakan Transjakarta dan Mercedes, kedua kendaraan tersebut mengalami kerusakan. Namun, tidak ada korban jiwa maupun korban luka atas kecelakaan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022