Kenapa Ban Sekarang Banyak Tak Pakai Alur Tengah?

Ban Corsa Platinum M5 untuk Yamaha NMAX
Sumber :
  • Corsa

VIVA – Beragam ukuran dan merek ban dijual untuk pemilik kendaraan. Saat memutuskan untuk mengganti ban baru, selain kembang konsumen juga biasanya akan memperhatikan alur pada ban.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Meski demikian, saat ini ban pada kendaraan roda dua sudah jarang menggunakan alur tengah. Brand Manager Corsa, Salomon Manalu mengatakan, alur tengah memiliki fungsi utama mengalirkan air pada ban saat berkendara di jalan basah.

"Garis tengah itu berfungsi ketika menerobos air, kalau air sudah terbuang sebanyak-banyaknya maka ban bisa bersentuhan langsung dengan permukaan jalan," kata Salomon, di Jakarta.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Saat disinggung alasan ban motor tak lagi menggunakan alur tengah meski memiliki fungsi penting, Salomon mengaku teknologi yang terkandung pada ban sudah cukup optimal saat ini.

"Sekarang ini teknologi kompon makin maju, sehingga bisa mengendalikan air  tanpa garis tengah. Ban punya daya cengkeram yang lebih baik sehingga bisa mengakomodir tingkat kelengketan yang baik," ujarnya.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Meski demikian, Corsa masih menyediakan pilihan ban dengan alur tengah. Mengingat, permintaan untuk ban ini masih terbilang tinggi.

"Oh masih ada, untuk ban itu masih kita produksi. Memang garis di tengah itu gunanya memecah air dan bagusnya buat ban depan, tapi dengan teknologi kompon sekarang sudah bisa diakomodir," ujarnya.

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024