Menyiapkan Masa Depan Anak Muda Melalui Pendidikan Vokasi

Direktur HR, GA, IT dan SI AHM Markus Budiman (kanan) dan Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan M. Bakrun (Tengah) yang didampingi Gm Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin meninjau kegiatan Astra Honda Skill Contest.
Sumber :

VIVA – Pendidikan vokasi kini menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan kualitas generasi muda Indonesia. Dukungan pada pendidikan vokasi juga muncul dari industri. Di bidang otomotif contohnya, pelaku usaha yang sangat konsisten mengembangkan pendidikan vokasi di seluruh provinsi Indonesia adalah PT Astra Honda Motor (AHM).

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

AHM mengembangkan “Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda” untuk mendorong lahirnya output SDM yang sukses berkarya dengan menguasai keahlian terapan teknik sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan.

Sejak peluncurannya di tahun 2010, AHM telah berkontribusi mengembangkan sekolah dengan Kurikulum TBSM Astra Honda di 34 provinsi di Indonesia. Sebanyak 686 sekolah dengan 59 Tempat Uji Kompetensi (TUK) berkesempatan mendapatkan pembinaan dan pelatihan secara khusus agar mampu

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

menghasilkan lulusan yang memiliki link and match dengan dunia industri maupun yang mampu menjalankan usahanya sendiri.

Bekerjasama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia, kurikulum ini juga memberikan kesempatan para siswa mengenal dunia kerja melalui program magang (praktek kerja industri) di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Tercatat sebanyak 46.573 generasi muda telah memperdalam dan mempraktekan ilmunya dalam program magang ini di periode 2017-2018.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Pendidikan vokasi Astra Honda Motor (AHM).

Keterangan foto: Siswa SMK mitra binaan AHM praktik memperbaiki unit motor dengan suasana dan peralatan yang terstandarisasi seperti di bengkel resmi Honda

Kesempatan berkarya untuk mengaktualisasikan diri juga didorong AHM melalui program Astra Honda Technical Contest for Vocational Schools yang diikuti oleh siswa-siswi terbaik se-Indonesia. Sejak 9 tahun diadakan, perlombaan ini mendorong mental juara siswa untuk selalu menghasilkan pekerjaan terbaiknya.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pendidikan vokasi sangat penting untuk menghasilkan generasi muda cerdas yang siap kerja, berwirausaha, maupun siap memperdalam ilmunya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM berharap mampu memberi kontribusi untuk menjadikan negeri ini kaya akan generasi muda yang berkualitas dan kompetitif.

Tiga Pilihan Lulusan

Pendidikan vokasi Astra Honda Motor (AHM).

Keterangan foto: Lulusan SMK mitra binaan AHM berkesempatan menjadi wirausaha bengkel mandiri dengan Astra Honda Youthpreneurship Program

Para lulusan pendidikan vokasi Astra Honda dapat langsung bekerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam mengembangkan ilmunya. Tercatat sebanyak 1.667 lulusan telah bekerja di AHASS di periode 2017-2018. Kemampuan lulusan yang bekerja di AHASS telah divalidasi melalui proses sertifikasi uji kompetensi keahlian di SMK yang memiliki TUK.    

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK yang terampil sekaligus siap menjalankan usahanya sendiri, AHM juga mengembangan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYP). Persiapan materi AHYP ini dilakukan secara komprehensif meliputi pembentukan mental dan motivasi kewirausahaan, pelatihan teknis kewirausahaan, pengenalan konsep Lingkungan Keselamatan Kesehatan Kerja (LK3), pelatihan manajemen bengkel, dan penguatan pemahaman teknis sepeda motor.

Untuk meningkatkan kualitas bengkel, peserta juga mendapat dukungan peralatan kerja di bengkel masing-masing. Sebanyak 20 alumni telah mengikuti program ini sejak tahun 2017 dan akan terus bertambah di tahun-tahun berikutnya.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi para lulusan terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra melalui Beasiswa Prestasi Astra. Beasiswa ini meliputi fasilitas bebas uang kuliah dan subsidi biaya hidup selama 3 tahun.  

Kurikulum TBSM Astra Honda juga memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para guru yang diyakini AHM memiliki peran besar dalam mendorong kesuksesan bagi siswa. Selain itu, AHM juga memberikan bantuan paket buku ajar, bantuan sepeda motor sebagai media praktek dan special tools.

Tak hanya itu, AHM membantu sekolah melakukan standarisasi fasilitas laboratorium praktek yang menyerupai bengkel resmi. Para siswa juga berkesempatan berkunjung ke pabrik AHM untuk menggali inspirasi dunia kerja yang sesungguhnya dengan melihat proses kerja dunia industri secara langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya