Mau Punya Binter Merzy, Siapkan Uang Segini

Kawasaki Binter Merzy
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Meski model baru terus bermunculan setiap tahun, namun ada beberapa sepeda motor buatan lawas yang hingga kini masih banyak dicari. Selain karena nilai sentimentil, ada juga yang membeli karena ingin ikut tren motor klasik.

Siap-Siap Kawasaki Sedang Menyiapkan Pakai Mesin 4 Silinder Baru

Salah satu sepeda motor klasik yang sampai sekarang diminati, yakni Binter Merzy. Kuda besi ini menjadi legenda di zamannya, karena menjadi yang pertama mengusung mesin satu silinder dengan kapasitas besar.

Baca juga: Warga Bekasi Mau Perpanjang SIM Wajib Lakukan Ini

Honda GB 350 Bergaya Retro Gagah Resmi Meluncur

Binter Merzy bukanlah nama aslinya. Saat diproduksi pertama kali pada 1976, motor ini diberi nama Kawasaki KZ200. Namun, baru empat tahun kemudian unitnya dipasarkan di Indonesia.

Nama Binter berasal dari PT Bintang Terang Indonesia, distributor yang menjadi pemasok motor Kawasaki kala itu. Saat merek lain menghadirkan motor sport yang dibekali mesin 100cc, Binter Merzy hadir dengan kapasitas 200cc.

Moge Termurah Triumph Siap Jegal Honda dan Kawasaki di Indonesia

Kawasaki Binter Merzy

Sayangnya, tidak diketahui dari mana asal nama Merzy. Yang jelas, peminatnya cukup banyak, karena kemudian perusahaan bisa mendatangkan motor Kawasaki jenis lainnya.

Sempat beredar kabar, bahwa perusahaan itu dimiliki oleh salah seorang pengusaha tenar yang tersangkut masalah hukum, yakni Eddy Tansil. Entah kabar itu benar atau tidak, namun yang jelas perusahaan tutup tak lama setelah Eddy ditangkap karena penggelapan uang senilai Rp1,5 triliun.

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di beberapa lapak jual beli motor bekas, masih ada beberapa Binter Merzy yang dijual dalam kondisi utuh. Banyak yang menggunakan motor ini sebagai basis untuk modifikasi motor chopper, sehingga susah menjumpai versi aslinya.

Kisaran harga motor ini mulai dari Rp10 juta untuk varian lama yang masih memakai pengapian platina, hingga Rp15 juta untuk varian CDI. Apabila kondisinya masih mulus dan sebagian besar komponennya asli, maka siap-siap mengucurkan uang hingga Rp25 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya