Canggihnya Kawasaki Ninja ZX-4R yang Dikenalkan Bulan Depan

Kawasaki Ninja ZX-25R
Sumber :
  • dok. Kawasaki

VIVA – Meski pernah memproduksi dan memiliki produk motor bebek dan matik, tapi sepertinya Kawasaki lebih fokus untuk mengembangkan motor sport berfairing, seperti Kawasaki Ninja ZX-4R.

Siap-Siap Kawasaki Sedang Menyiapkan Pakai Mesin 4 Silinder Baru

Rencananya 'Geng Hijau' ini akan meluncurkan produk motor sport terbarunya, pada ajang pameran otomotif EICMA Show 2021 di Milan, Italia yang akan bergulir pada bulan November 2021 mendatang.

Dikutip dari berbagai sumber, Kawasaki Ninja ZX-4R ini konon katanya akan menggukan desain yang sangat mirip dengan Kawasaki ZX-25R, hanya saja perbedaannya jelas terdapat pada bagian mesin.

Moge Termurah Triumph Siap Jegal Honda dan Kawasaki di Indonesia

Kawasaki Ninja ZX-4R ini diprediksi akan menggunakan mesin DOHC 4 silinder segaris 16 katup, dengan kapasitas mesin 400cc. Nantinya struktur mesin tersebut kurang lebih sama dengan yang digunakan Ninja ZX-25R.

Bicara soal fitur, sepertinya Kawasaki Ninja ZX-4R ini akan menggunakan fitur yang disematkan pada line up moge seperti sistem KTRC (Kawasaki Traction Control), anti-roll wheel protection.

Motor Gagah Terbaru Resmi Mengaspal di Indonesia

Kemudian suspensi depan menggunakan model upside down dengan ukuran 37 mm, sedangkan bagian belakang pakai Horizontal Backlink Suspension yang bekerja dengan lengan ayun (swingarm).

Tak hanya itu, ada juga sistem Assist dan Slipper Clutch yang membuat tuas kopling jadi enteng dan mencegah roda belakang tergelincir atau selip saat menurunkan gigi secara ekstrem untuk engine brake.

Fitur lainnya ada sistem throttle yang dioperasikan secara elektronik dan Power Mode yang dapat disetel hingga 2 level, termasuk sistem ABS depan dan belakang.

Serta Kawasaki Quick Shifter (KQS) untuk mengganti gigi tanpa harus menarik tuas kopling, baik menaikkan maupun menurunkan gigi.

Fitur-fitur tersebut merupakan fitur yang sudah biasa terdapat pada motor sport berfairing, yang diproduksi oleh Kawasaki. Sehingga nuansa racy begitu kental.

Selain itu, All New Ninja ZX-4R hampir pasti diluncurkan di Eropa. Namun kabarnya motor ini juga akan dipasarkan di Asia, bahkan ada juga rumor yang mengatakan Ninja ZX-4R akan diproduksi di Indonesia dan Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya