China Bikin Motor Tiruan Honda PCX, Harganya Murah Banget

YBHoonda PCX.
YBHoonda PCX.
Sumber :
  • Greatbiker.

VIVA – Meski industri otomotif China terus bergerak maju, namun masih ada sejumlah merek yang menghadirkan produk tiruan dari model lain yang telah ada. Bukan hanya mobil, mereka turut melakukan hal serupa terhadap produk roda dua.

Baru-baru ini, pabrikan setempat yang bernama YBHoonda resmi meluncurkan skuter matik baru untuk pasar domestik, yakni YBHoonda PCX. Bukan hanya nama, tampilan kendaraan tersebut juga sangat menyerupai Honda PCX yang meluncur lebih awal.

Disitat VIVA Otomotif dari Greatbiker, Selasa 19 Oktober 2021, YBHoonda PCX agaknya memang dirancang sebagai motor kloningan atau imitasi. Sebab, dari depan hingga belakang, kendaraan tersebut hampir identik dengan Honda PCX.

Lihat saja bagian wajahnya yang bermoncong layaknya jet ski, kemudian headlamp dengan pola ‘V’ dan penghalang angin gelap berukuran besar. Bukan hanya itu, kesamaan lainnya terletak di bagian setang yang telanjang, pijakan kaki, dudukan, hingga ke ekornya.

Parahnya lagi, pabrikan juga menempelkan emblem bertulisan ‘eSP+’ di motor kloningan tersebut. Padahal, jenis mesin itu hanya terdapat di motor-motor keluaran Honda.

YBHoonda PCX.
Photo :
  • Greatbiker.

YBHoonda PCX.

Selain tampilan, fitur YBHoonda PCX juga menyerupai Honda PCX, mulai dari desain panel instrumen digital, soket pengisian daya dengan cover atau pelindung, serta kapasitas bagasi yang sangat lega. Hanya saja, motor China tersebut masih menggunakan kunci standar, atau belum keyless.