Siap Goda Kaum Tajir, Kawasaki Ninja Bertenaga Buas Hadir 2022

Desain Kawasaki Ninja ZX-4R
Sumber :
  • Young Machine

VIVA – Kawasaki menjadi salah satu brand raksasa asal Jepang yang terkenal dengan motor sport buatannya di pasar global. Salah satu produk yang sempat viral di Indonesia adalah Kawasaki Ninja ZX-25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Motor sport fairing tersebut perdana tampil di Tokyo Motor Show Jepang pada 2019, kemudian baru masuk pasar Tanah Air di Juli tahun lalu.

Ninja ZX-25R menjadi buah bibir, mengingat menggunakan mesin 250cc dengan empat silinder. Sedangkan pesaingnya di pasar RI masih bertahan dengan mesin dua silinder seperti Honda CBR250RR, dan Yamaha YZF-R25.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Sepeda motor Kawasaki Ninja ZX-25R

Photo :
  • dok. Kawasaki

Bukan hanya membius masyarakat Indonesia, teknologi mesin buatan Kawasaki itu juga dianggap suskes di dunia. Sehingga pabrikan motor dengan julukan geng hijau itu akan mengembangkan spesifikasi tersebut untuk model lain.

Kawasaki Ninja ZX-25R Dijual Bekas, Harga Bikin Kaget

Melansir Greeatbiker, dan Young Machine seperti dikutip Viva Otomotif, Sabtu 11 Desember 2021, jenama asal negeri sakura itu sedang mempersiapkan motor sport fairing terbarunya yang siap menggoda kaum tajir.

Sebab secara segmen sudah memasuki  motor besar alias moge, maka harganya akan terbilang mahal bagi sebagian orang yang memiliki keuangan pas-pasan. Produk baru yang dimaksud akan dirilis adalah Kawasaki Ninja ZX-4R.

Masih berdasarkan sumber yang sama, Kawasaki ZX-4R itu akan menggendong mesin segaris 400cc DOHC. Yang istimewa, dapur pacu motor sport baru itu didukung empat silinder 16 katup dengan sistem pengabutan injeksi.

Tidak ada informasi terkait tenaga dan torsi yang dihasilkan, namun melihat dari kapasitas mesinnya bakal menghasilkan performa yang buas. Bahkan batas putaran mesin atau redlinenya akan lebih tinggi dari Ninja ZX-25R yang mencapai 17.000 rpm.

Sebelum resmi mengaspal, rendering atau desain digitalnya sudah heboh diberiktan oleh media luar. Secara keseluruhan bentuk motor sport terbaru itu masih mirip Ninja ZX-25R, mempertahankan garis serba tajam mulai dari lampu depan, fairing, hingga bodi belakang.

Yang agak berbeda dari gambar tersebut terlihat bentuk fairingnya dibuat lebih minimalis, dengan kisi-kisi lubang udara yang besar untuk mendinginkan mesin, meskipun sudah dilengkapi radiator atau pendingin cairan.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan upside down, dengan pengereman dua cakram di bagian depan yang memiliki  ukuran piringan, dan kaliper cukup besar. Saluran pembuangan alias knalpot desainnya berbeda dengan ZX-25R.

Terkait fitur-fitur yang akan disematkan, diduga serupa dengan adik kandungannya. Seperti KTRC atau Kawasaki  Traction Control untuk mengendalikan putaran ban agar tidak selip, freewheel protection yang memiliki tiga pengaturan.

Kemudian ada sistem assist dan slipper clutch, serta quick shifter agar pengoperasian transmisi manualnya lebih responsif tanpa campur tangan kopling saat menaikkan atau menurunkan gigi. Selain itu power mode, atau gaya berkendara dengan dua pilihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya