Motor Baru Kembaran Honda Vario 160 Meluncur Bulan Depan?

Honda Vario 160.
Sumber :
  • Septian Farhan Nurhuda / VIVA.co.id

VIVA – Motor matik menjadi primadona di Indonesia, tidak heran jika banyak produk jenis tersebut diproduksi lokal. Bukan hanya dijual untuk pasar domestik, tapi matik buatan dalam negeri di ekspor ke beberapa negara.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Sudah banyak motor matik buatan Tanah Air yang mengaspal di luar negeri, namun dengan spesifikasi yang agak berbeda. Hal itu dilakukan demi menyesuaikan kebutuhan pasar, dan aturan di negera tujuan ekspor.

Honda Vario menjadi salah satu motor buatan anak bangsa yang sudah dijual ke negara lain. Bahkan, Thailand menjadi salah satu negara yang mengkonsumsi matik dengan dimensi yang lebih besar dari BeAT tersebut.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Honda New Click 125i

Photo :
  • world.honda.com

Meski secara penampilan serupa, namun Vario buatan Tanah Air memiliki nama Click saat dijual di negeri gajah putih. Perbedaan paling mencolok tentu pada striping, atau stiker di bodi, dan beberapa aksen lainnya.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Mengingat Indonesia menjadi pusat produksinya, tidak heran jika model terbarunya muncul tentu di Thailand akan mengikuti hal tersebut. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah All New Honda Vario 160.

Motor matik yang memiliki mesin serupa dengan PCX 160 itu dalam waktu dekat akan dirilis di negeri dengan julukan lumbung padi, seperti yang diberitakan Greatbikers dikutip Viva Otomotif, Senin 14 Februari 2022.

“Kita tunggu kehadiran All New Honda Click 160 di bulan Maret mendatang,” tulis keterangannya.

Tidak ada informasi terkait bocoran dari perbedaan motor matik tersebut mengingat tidak ada lagi striping pada bodi di Vario 160. Diduga secara varian warna tetap sama dengan pasar Indonesia, hanya berbeda di emblem penamaannya.

Motor matik tersebut memiliki bentuk yang lebih gambot dibandingkan varian Vario 150, atau 125 yang sudah dijual sebelumnya. Dimensi  panjangnya 1.929 mili meter, lebar 679 mm.

Sedangkan tinggi motor matik tersebut 1.088 mm, dengan jarak sumbu roda depan ke belakang 1.277 mm. Dengan sejumlah perubahan yang dilakukan, bobotnya menjadi 115 kilogram untuk varian CBS, dan 117 kg untuk ABS.

Pada sektor kaki-kaki pengereman depan cakram, dan belakang tromol untuk varian CBS, sedangkan tipe ABS (Anti-lock Braking System) sudah cakram dan belakang. Dibekali pelek 14 inci dibalut ban tubeless 100/80 dan 120/70.

Dibekali mesin satu silinder 160cc eSP+ berpendingin cairan yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 15,4 PS di 8.500 rpm, dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya