Joan Mir Salip 9 Pembalap Padahal Susah Ngerem

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir di MotoGP Mandalika.
Sumber :
  • Dok: Suzuki-Racing

VIVA – Setelah 25 tahun penantian kembalinya ajang bergengsi MotoGP di Indonesia, para pembalap sangat antusias untuk mengikuti balapan yang berlangsung di Sirkuit Mandalika kemarin.

Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Sayangnya, iklim tropis di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat memberikan tantangan tersendiri. Mulai dari panas terik, hingga kemudian berubah menjadi hujan deras dan badai petir yang menunda start balapan selama 1 jam 15 menit.

Joan Mir menjadi salah satu pembalap yang kurang beruntung, saat berlaga di MotoGP Mandalika akhir pekan kemarin. Akibat terjatuh di sesi kualifikasi, ia harus start dari posisi 18.

MotoGP Kazakhstan 2024 Batal Digelar Juni Mendatang, Ini Alasannya

Meski demikian, pemuda asal Spanyol itu berhasil memulai lomba dengan baik dan mendahului sembilan pembalap lainnya, sehingga bisa finis di urutan enam tepat di belakang rekannya di Team Suzuki Ecstar, yakni Alex Rins.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing
Maverick Vinales Temukan Masalah di Motor Aprilia Tunggangannya

“Saya mulai dari belakang grid, dan selesai dekat dengan grup teratas. Pada akhirnya, saya bisa mendapatkan perasaan yang lebih baik dengan motor yang memungkinkan untuk menjadi lebih cepat,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 21 Maret 2022.

Joan mengaku telah menemukan beberapa peluang saat harus balapan dalam kondisi lintasan basah, meskipun di awal berencana menggunakan pengaturan untuk lintasan kering.

“Saya sedikit kesulitan untuk menghentikan motor, tetapi saya bisa memulai dengan baik dan mempertahankan posisi yang layak,” tuturnya.

Sementara itu, Technical Manager Team Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi mengungkapkan bahwa akhir pekan kemarin menjadi sebuah tantangan bagi mereka, mulai dari kondisi lintasan, cuaca hingga masalah pengaturan motor.

“Pada akhirnya, pembalap mendapat posisi kelima dan keenam, yang tidak buruk dan kami menganggapnya sebagai tanda positif untuk balapan berikutnya,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya