Para Pemacu Motor Trail Bakal Disuguhi Jajanan Khas Sumbawa

Gubernur NTB Zulkieflimansyah di Press Conference MXGP of Indonesia 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Aneka kuliner Sumbawa akan disuguhkan, dalam perhelatan Motocross Grand Prix atau MXGP di Samota, Sumbawa.

BMKG Ungkap Penyebab Gempa M 5,2 di Selat Lombok

Sumbawa selain memiliki keindahan alam, juga memiliki kuliner yang sangat lezat. Beberapa kuliner seperti sepat, singang hingga sira bagek dan sira padang.

Saat MXGP Samota nanti, IKM lokal akan didorong untuk berinovasi dalam mengembangkan kuliner mereka agar dapat dipasarkan. Para pelaku usaha kuliner ini juga telah berinovasi dengan membuat kemasan yang steril dan tahan lama.

Jagung Murah karena Produksi Melimpah, Jokowi: Itu Hukum Pasar

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti mengatakan melalui Balai Kemasan NTB telah dilakukan proses uji coba pengembangan kuliner Sumbawa, yaitu sira bagek dan sira padang, ke dalam kemasan steril tahan lama. 

“Strategi kemasan steril tahan lama menjadi salah satu opsi untuk mendorong produk IKM NTB terlibat secara aktif pada event internasional MXGP yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di NTB,” katanya, dikutip VIVA Otomotif Rabu 8 Juni 2022.

Jokowi Resmikan Sejumlah Jalan di NTB, Telan Biaya Rp211 Miliar

MXGP Samota menjadi pemicu untuk mendorong IKM lokal di Sumbawa menuju pasar internasional. Event tersebut menjadi sarana promosi, tidak saja wisata tetapi juga kuliner.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menunjukkan kuliner khas Sumbawa.

Photo :
  • Istimewa

"Membangun mimpi harus dengan langkah pertama. Bimtek kemasan steril ini tentu menjadi bagian dari langkah pertama tersebut. Bersama Balai Kemasan Disperin NTB," ujarnya.

Kuliner sepat merupakan olahan tradisional khas Sumbawa. Berbahan ikan dan bumbu-bumbu yang dibakar dan disajikan dalam kuah sepat. Kuah sepat ini terdiri dari belimbing wuluh, mangga muda, terong, cabai rawit dan bawang.

Sementara kuliner singang ada ikan yang diolah dan diberikan kuah yang berasal dari rempah-rempah khususnya kunyit. Kuliner tersebut akan berwarna kuning dan sangat nikmat disantap. Begitu juga dengan sira bagek dan sira padang kuliner tradisional khas Sumbawa yang begitu gurih dan nikmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya