Heboh Sprint Race di MotoGP, Begini Aturan Mainnya

Balapan MotoGP
Sumber :
  • AP Photo/Florian Schroetter

VIVA Otomotif – Pada musim balapan 2023 nanti format balapan di MotoGP berubah, hari Sabtu yang biasanya digunakan untuk sesi kualifikasi, nanti akan digelar sprint race.

Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Seperti dikutip oleh VIVA dari berbagai sumber, Jumat 26 Agustus 2022, sprint race akan mengadu cepat para pembalap MotoGP, dengan total lap setengah dari jumlah lap pada hari Minggu.

Seperti contoh balapan di Sirkuit Mandalika yang berlangsung 28 lap, maka sprint race akan berlangsung sebanyak 14 lap. Sprint Race memiliki prosedur grid 15 menit, dan aturan balapannya akan sama dengan balapan Grand Prix utama pada hari Minggu.

MotoGP Kazakhstan 2024 Batal Digelar Juni Mendatang, Ini Alasannya

Untuk mendukung format sprint race, jadwal rangkaian MotoGP pun disesuaikan, dua sesi latihan tetap berlangsung, tetapi waktunya akan diperpanjang. Hasil gabungan FP1 dan FP2 akan menentukan pembalap, yang lolos ke sesi kualifikasi 2 atau harus melalui kualifikasi 1 dulu.

Balapan MotoGP Austria 2022

Photo :
  • AP Photo/Florian Schroetter
Maverick Vinales Temukan Masalah di Motor Aprilia Tunggangannya

Pada Sabtu pagi, sesi latihan bebas 3 berlangsung selama 30 menit sebelum kualifikasi. Fungsi dan peran  FP3 ini akan sama seperti sesi FP4 saat ini.

Fungsi kualifikasi tidak berubah, karena melalui sesi kualifikasi pembalap akan menentukan posisi start saat sprint race dan balapan hari Minggu, yang ditentukan oleh catatan waktu yang diraih.

Setelah kualifikasi pada hari Sabtu, sekitar pukul 15.00 waktu setempat sprint race digelar. Pembalap yang ikut Balapan sprint race, akan mendapatkan poin, bagi pembalap yang mampu finish dari urutan pertama hingga urutan sembilan.

Dengan perolehan poin pembalap yang berhak meraih 12 poin bagi yang finish pertama, posisi kedua meraih 9 poin, posisi ketiga 7 poin,  keempat 6 poin, kelima 5 poin, keenam 4 poin, ketujuh 3 poin, kedelapan 2 poin dan kesembilan 1 poin. 

Perolehan poin tersebut, merupakan setengah poin dari balapan utama hari Minggu.

Sprint race ini dilakukan oleh Dorna Sports sebagai promotor MotoGP, agar gelaran balap motor prototype ini semakin seru, san format balapan ini sedikit meniru langkah yag dilakukan Formula 1 dan World Superbike.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya