Satu Lagi Motor Listrik Merek Lokal Meluncur di Pasar Indonesia

Motor listrik Savart S-1
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Proses elektrifikasi di Indonesia semakin berjalan cepat dengan kehadiran ragam merek kendaraan listrik baik roda empat maupun roda dua. Tidak hanya kendaraan dari luar negeri, tetapi juga ada yang buatan lokal. 

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Pada ajang IMOS 2023, Indonesia kembali kedatangan satu merek motor listrik buatan lokal yaitu Savart Motors dari PT Garda Energi Nasional Indonesia (GENI). 

Savart Motors secara resmi meluncurkan motor listrik pertama mereka yaitu Savart S-1 pada hari pembuka IMOS 2023 pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Motor listrik buatan lokal Savart Motors

Photo :
  • Arianti Widya

"Motor listrik Savart S-1 ini adalah produksi lokal buatan pabrik kami di Mojokerto, Jawa Timur," ujar William Ekaputra Taifan selaku CEO Savart Motors di Hall 10, ICE BSD, Tangerang, dikutip VIVA Otomotif

Motor Listrik Honda Sudah Dijajal Ratusan Pengunjung PEVS 2024

Untuk diketahui, Savart EV adalah buatan anak bangsa yang menempatkan kualitas produk sebagai prioritas utama, dan dikembangkan dengan kemampuan engineering terbaik dari lulusan Universitas terkemuka di Indonesia. 

"Perusahaan ini telah berinvestasi dalam R&D yang mendalam, dan proses produksi yang mencakup pemilihan komponen terbaik. Savart EV mempercepat transisi elektrifikasi di Indonesia dengan menyediakan kendaraan listrik berkualitas yang aman dan handal," kata William.

Motor listrik buatan lokal Savart Motors

Photo :
  • Arianti Widya

Kemudian, perusahaan ini mengklaim kendaraan Savart S-1 telah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 60 persen dengan perkiraan berdasarkan pengembangan komponen utama yang dilakukan tim Savart EV. 

Untuk memastikan tingkat kualitas yang tinggi, Savart EV menjalin kerja sama dengan produsen chip internasional yang juga memasok komponen untuk perusahaan otomotif terkemuka seperti Tesla, jelas William. 

William menambahkan hal ini menggaransi bahwa kualitas produk Savart EV setara dengan yang terbaik di Asia. 

Sebagai informasi, Savart EV menjalin kerja sama unik dengan Planet Ban, yang akan membantu membangun ekosistem swap baterai dan layanan purna jual yang luas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya