Mesin Baru Ducati Bikin Heboh Penggemar Sepeda Motor

Ducati Scrambler 1100 Dark Pro
Sumber :
  • Paultan

Bologna, 2 November 2023 – Produsen sepeda motor asal Italia, yakni Ducati meluncurkan mesin bersilinder tunggal yang paling kencang dalam sejarahnya, dan diberi nama Superquadro Mono.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Mesin ini memiliki kapasitas 659cc dan menggunakan teknologi Desmodromic, yang dikembangkan Ducati sejak zaman dahulu untuk balapan pada tahun 1950-an.

Superquadro Mono tersedia dalam dua varian, yaitu Superquadro Mono 950 yang menghasilkan tenaga 95 tenaga kuda serta torsi 75 Newton meter. Versi kedua yaitu Superquadro Mono 1100, yang menghasilkan tenaga 110 tenaga kuda dan torsi 85 Nm.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ducati mengatakan bahwa Superquadro Mono dirancang untuk memberikan performa yang luar biasa dan responsif. Mesin ini juga diklaim lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan mesin berpiston tunggal konvensional.

Mesin baru Ducati Superquadro Mono

Photo :
  • Autoblog
Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Autoblog, Superquadro Mono akan digunakan untuk pertama kalinya pada sepeda motor Ducati Scrambler 1100 Dark PRO yang akan diluncurkan pada tahun depan.

Peluncuran Superquadro Mono dapat dilihat sebagai upaya Ducati untuk kembali ke akarnya. Pada tahun 1950, Ducati meluncurkan sepeda motor pertamanya, yang menggunakan mesin tunggal berpendingin udara berkapasitas 48cc.

Sejak itu, Ducati telah dikenal dengan mesin-mesin V-twinnya yang bertenaga dan berperforma tinggi. Namun, dengan Superquadro Mono, Ducati menunjukkan bahwa mereka juga mampu mengembangkan mesin tunggal yang mumpuni.

Superquadro Mono 950 memiliki tenaga yang setara dengan mesin V-twin Ducati Scrambler 1100, tetapi dengan bobot yang lebih ringan. Hal ini memberikan rasio tenaga-ke-bobot yang lebih baik, yang menghasilkan akselerasi yang lebih cepat.

Sementara itu, Superquadro Mono 1100 memiliki tenaga yang lebih besar daripada mesin V-twin Ducati Scrambler 1100 Pro, yang menjadikannya salah satu mesin bersilinder tunggal terkuat di kelasnya.

Ducati Scrambler 1100 Dark Pro

Photo :
  • Paultan

Desain Superquadro Mono terinspirasi dari mesin Desmodromic Ducati yang digunakan pada sepeda motor balap. Mesin ini memiliki kepala silinder yang ramping dan bergaris tegas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya