Dua Bahan Dapur Ini Ideal untuk Bikin Mesin Mobil Kinclong

Ilustrasi membersihkan mesin mobil
Sumber :
  • Detailking

VIVA – Hujan sudah mulai melanda sebagian wilayah di Indonesia. Selain macet, masalah lain yang harus dihadapi para pengguna jalan adalah air kotor yang menggenang di jalan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Saat berkendara di tengah guyuran air yang jatuh dari langit, mau tidak mau pemilik kendaraan harus rela ruang mesinnya kotor terkena cipratan. Hal ini dialami oleh pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil.

Saat akhir pekan tiba, terkadang pemilik hanya membersihkan bagian bodi dan interior mobil saja. Sementara, jantung penggerak kendaraan kerap luput dari bilasan air dan kain lap.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal, membersihkan ruang mesin tidak serumit yang diduga. Selain bisa dikerjakan sendiri di rumah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa ditemukan di dapur rumah.

Dilansir dari laman Total Indonesia, Senin 10 Desember 2018, ada dua bahan dapur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kompartemen mesin mobil atau motor kembali mengilap.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bahan pertama adalah minyak tanah. Awalnya, beberapa orang memakai solar untuk mengusir lumpur yang menempel pada mesin. Namun, karena sifatnya yang mudah terbakar, maka minyak tanah menjadi pengganti yang lebih aman.

Minyak tanah juga memiliki harga yang lebih ekonomis, dan daya membersihkan noda yang mengandung oli atau pelumas, sama baiknya seperti solar.

Bahan kedua yang sering ada di dapur atau kamar mandi adalah sabun colek. Tidak hanya pada pakaian, noda membandel di mesin juga bisa dibersihkan dengan deterjen ini. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya