Meski Kecil, Lubang di Bawah Knalpot Punya Fungsi Penting

Lubang di bagian bawah knalpot sepeda motor
Sumber :
  • xrv.org

VIVA – Salah satu komponen terpenting dalam kendaraan bermotor, adalah knalpot. Pada sepeda motor, alat yang berfungsi menyalurkan gas buang ini umumnya dipasang di sisi samping bagian bawah.

Penyuka Knalpot Bising Cenderung Psikopat dan Sadis, Menurut Studi Terbaru

Jika diamati dengan saksama, akan tampak ada lubang kecil di sisi bawah. Padahal menurut pandangan awam, seharusnya hanya ada dua lubang pada knalpot, yakni di kedua ujungnya.

Lubang kecil di bagian bawah ternyata punya fungsi yang cukup penting. Umumnya, lubang ini ada di knalpot buatan pabrikan sepeda motor.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

“Itu untuk saluran pembuangan air. Jadi kalau knalpot terendam banjir, nanti air keluarnya dari situ,” ujar Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station Bekasi, Rudi saat ditemui VIVA, Rabu 20 Februari 2019.

Menurutnya, knalpot standar memang lebih mudah untuk kemasukan air dibanding dengan knalpot racing. Karena, posisinya cenderung rendah. Itu sebabnya, mengapa disediakan lubang pembuangan air.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

Jadi, para pengguna sepeda motor tidak perlu khawatir saat menerjang banjir hingga knalpot terendam. Air tidak akan terkumpul di dalam pipa panas tersebut.

“Contohnya, kalau lagi cuci motor atau lagi lewat genangan, kan ada air yang masuk ke knalpot. Nah, itu dibuang di situ,” tuturnya.

Masalah perawatan, Rudi mengungkapkan, tidak ada tips khusus untuk itu. Tapi, dirinya mengingatkan agar para pengguna tidak membiarkan lubang itu tersumbat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya