Helm Ternyata Punya Masa Pakai, 5 Tahun Sebaiknya Diganti

Ilustrasi helm motor
Ilustrasi helm motor
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Saat melintas di jalan raya, kita pasti pernah melihat pengendara motor mengenakan helm tua yang tampilannya sudah usang dan tak layak pakai. Meski telah menjadi pemandangan umum, namun kebiasaan tersebut sebenarnya tak disarankan. Sebab, helm tua tak memberikan perlindungan sempurna.

Rangga yang merupakan pendiri perusahaan riding gear bernama RC Motogarage mengatakan, helm yang sudah terlalu tua sebaiknya dibuang atau disimpan saja di gudang. Mengingat, seperti yang telah disinggung di awal, tingkat keamanannya sudah tak lagi maksimal.

Rangga menjelaskan, helm sendiri sebenarnya memiliki masa pakai. Jika sudah memasuki tahun kelima atau pernah jatuh dari ketinggian 1,5 meter, maka sang pemilik harus segera menggantinya dengan yang baru.

“Belum banyak yang tahu, helm itu ada masa pakainya, rata-rata lima tahun. Begitu helm pernah jatuh dari ketinggian 1,5 meter, dalemnya juga udah berubah. Jadi, kalau masa pakainya habis dan pernah jatuh, secara safety sudah tidak maksimal lagi,” ujar Rangga kepada VIVA Otomotif, dikutip Rabu 19 Januari 2022.

Helm Jatuh. Foto: Ist.

Helm Jatuh. Foto: Ist.

Photo :
  • Istimewa.

Maka, dengan alasan tersebut, Rangga tak menyarankan membeli helm dalam kondisi bekas pakai. Sebab, selain tingkat keamanannya menurun, bagian dalam helm juga telah menyesuaikan dengan bentuk kepala pemilik lama. Sehingga, saat pemilik baru mengenakannya, tentu rasanya kurang nyaman.

“Sebaiknya helm beli baru, karena helm itu bentuk atau shape-nya udah berubah ngikutin (bentuk kepala) pemilik sebelumnya,” terang Rangga.