Perhatikan Cara ini Dalam Merawat Dasbor Mobil untuk Pemula

Dashboard mobil Acura ILX 2013 yang sudah terintegrasi dengan Siri Eyes
Sumber :
  • Honda Indonesia

VIVA – Setiap pemilik harus rajin dan teliti dalam merawat setiap bagian dalam mobil. Salah satu bagian yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dasbor mobil.

4 Tempat Tersembunyi di Mobil yang Sering Terlewat saat Dibersihkan

Biasanya, para pemilik kurang memperhatikan komponen tersebut. Padahal jika dirawat dengan baik, dasbor mobil bisa dihindari oleh kuman dan virus yang bisa berkembang di area tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara dalam merawat bagian tersebut.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari Wuling, Senin 20 Juni 2022, ada beberapa cara yang harus diparhatikan dalam merawat dasbor mobil agar tidak rusak. Cara ini bisa dilakukan cukup di rumah saja, dan tidak perlu ke bengkel mobil.

Dashcam Mobil Berubah Menjadi Senjata Makan Tuan

Dashboard Ertiga Gear

Photo :

Cara yang pertama adalah membersihkan bagian permukaan terlebih dahulu. Pastikan bagian interior di dasbor mobil tidak ada kotoran, noda, dan debu. Hal ini penting, lantaran bisa saja menimbulkan perubahan warna atau kusam yang membuat mobil tidak segar.

Begini Cara Mudah untuk Mengatasi Kerusakan Fan Belt Mobil

Untuk caranya, pemilik bisa melakukan serangkai cara mudah untuk membersihkan bagian luar mulai menggunakan penyedot debut hingga sikat halus agar semua kotoran terangkat. Usahakan melakukannya dengan hati-hati agar dasbor mobil tidak mengalami lecet saat membersihkan.

Setelah memastikan semua permukaan bebas dari kotoran dan debu, saatnya untuk mengelap bagian dalam dasbor. Pemilik mobil bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang disesuaikan dengan material.

Untuk mencegah kerusakan, disarankan melakukan spot test dengan menyemprotkan cairan pembersih ke permukaan dasbor. Apabila cairan tidak mengalami perubahan warna saat disemprotkan, maka bisa melanjutkan pembersihan dengan cairan tersebut.

Cara selanjutnya adalah perhatikan material dasbor. Diketahui, bagian ini memiliki material yang sangat beragam. Ada yang terbuat dari bahan plastik, kayu, karet, dan kulit. Bagi yang memiliki dasbor bermaterial kayu, cukup dengan mengelap menggunakan kan microfiber yang masih bersih.

Jika dasbor terbuat dari material kulit, maka perlu lebih hati-hati. Material ini biasanya lebih sensitif terhadap bahan-bahan kimia seperti sabun dan jenisnya. Jadi, untuk membersihkan dasbor dari material kulit cukup dengan mengelap menggunakan lap basah biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya