Pertamina Ungkap Bahaya Goyangkan Mobil saat Isi Bensin

Goyang-goyang Mobil saat Isi Bensin di SPBU.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Otomotif – Konon, pemilik atau pengemudi yang melakukan tradisi menggoyangkan mobil saat isi bensin, dilakukan untuk memaksimalkan ruang di dalam tangki. 

Mobil Rp100 Jutaan Bensin 25 Km per Liter Sudah Ada di Diler

Sehingga masih banyak dijumpai beberapa pengendara mobil, menggoyang-goyangkan kendaraan saat isi bensin di SPBU. Padahal hal tang dilakukan tidak benar, malah justru berpotensi menimbulkan bahaya.

Hal ini terungkap dalam sebuah unggahan akun Instagram @pertamaxseries.id. Unggahan tersebut berisi penjelasan soal bahaya menggoyangkan mobil atau sepeda motor ketika mengisi bensin di SPBU.

Penyebab Kapasitas Mesin Motor MotoGP Turun Jadi 850 cc dan Bensin Dikurangi

"Stop goyang sebelum kehebohan di SPBU datang!" tulis unggahan akun tersebut, dikutip Rabu 10 Agustus 2022.

Goyang-goyang Mobil saat Isi Bensin di SPBU.

Photo :
  • Twitter.
Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Dalam unggahan tersebut disebutkan kenapa menggoyangkan kendaraan saat isi bensin di SPBU dilarang. Aktivitas menggoyangkan kendaraan agar memperlancar aliran bahan bakar ke tangki kendaraan itu hanya mitos dan bahkan bisa menimbulkan kebakaran.

Bagaimana tidak, ujung nozzle besi yang bertemu ujung tangki bisa memicu gesekan listrik statis yang menimbulkan percikan api. Percikan api inilah yang memicu kehebohan, sehingga kebakaran pun tak terhindarkan.

Selain itu, Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan bahwa, menggoyangkan kendaraan pada saat mengisi BBM kendaraan akan malah menimbulkan efek yang berbahaya untuk lingkungan sekitar.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat dan kalau sampai cipratannya terbuang keluar justru membahayakan," ucap Sony Susmana dikutip dari Antara.

Sony juga heran awalnya dan berasal dari mana tradisi menggoyangkan kendaraan saat isi bensin, karena bagi dirinya perilaku tersebut sama sekali tidak ada manfaatnya.

Sony Susmana juga memberikan penjelasan bahwa, tangki bahan bakar yang ada setiap kendaraan ini jangan pernah disamakan seperti perut kita yang sedang minum. Ketika bersendawa, kita isi kembali agar perut terisi sesuai dengan ukuran.

"Banyak alasan para pemilik kendaraan yang menggoyangkan kendaraan ini agar udara yang ada pada tangki ini keluar. Tangki kendaraan sudah ada saluran udara pembuangan. Jadi kita ga usah repot keluar mobil untuk goyang-goyangin mobil," tutur dia.

Selain itu menggoyangkan mobil saat isi bensin hanya buang tenaga, karena bensin alias BBM itu zat cair yang akan dapat mengisi rongga terkecil sekalipun dalam tangki. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya