Ini Tradisi yang Wajib Dilakukan Sebelum Hidupkan Mesin Mobil

Ilustrasi cek oli mesin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA Otomotif – Mobil kini menjadi penunjang kebutuhan mobilitas pemiliknya, agar mobil bisa bekerja sesuai fungsinya, maka ada tradisi pemilik mobil yang harus dilakukan sebelum menyalakan mesin mobil Hal ini tujuannya untuk menghindari kendala yang terjadi, ketika pemilik mobil sedang melakukan perjalanan.

Mau Bayar Pajak STNK Tapi Pemilik Motor Sudah Meninggal, Gini Cara Ngurusnya

Makanya pemilik mobil harus mengecek komponen-komponen sebelum menyalakan mesin mobil.Seperti mengecek aki mobil, pasalnya aki mobil memegang peranan penting agar mobil bisa dinyalakan. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian mobil.

Sebelum berkendara, pastikan kondisi aki tetap prima. Perhatikan tanda-tanda gejala aki yang mulai bermasalah seperti korosi pada terminal aki atau tanda-tanda kebocoran pada cairan aki. 

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Jika cairan aki mulai berkurang, segera lakukan perbaikan. Sementara itu setelah mesin dinyalakan, cek juga apakah daya listrik aki mulai melemah yang gejalanya antara lain seperti mobil sulit dihidupkan, klakson tidak berbunyi atau lampu mulai redup saat dinyalakan. 

Kemudian cek level oli, agar oli yang berfungsi untuk melumasi berbagai komponen mesin yang bekerja, dan bergesekan agar tidak aus dan rusak saat Anda berkendara.  Sebelum melakukan perjalanan periksa seluruh komponen oli yang ada seperti oli mesin, oli rem, oli power steering hingga oli transmisi bagi pengendara mobil matic. 

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Cara pengecekan oli sangatlah mudah, Anda hanya butuh mencari tabung penyimpanan oli dan periksa apakah cairan tersebut berada di level L atau H. Jika ada oli yang berada di level L atau Low, Anda bisa menambahkan oli ke dalam tabung penyimpanan. 

Cek kondisi ban & ban serep, pastikan kondisinya masih baik, tidak kurang angin  tidak botak, retak atau mulai aus. Jangan lupa juga selalu membawa ban serep di dalam penyimpanan mobil, untuk berjaga-jaga jika di perjalanan mengalami bocor atau pecah ban. 

Cek kondisi ban serep, pastikan kondisinya tetap prima dan siap dipasang jika diperlukan.  Agar jarak pandang ketika berkendara di malam hari atau cuaca berkabut, pastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. 

Tak hanya periksa lampu mesin atau lampu utama mobil, lakukan pemeriksaan pada seluruh lampu sign dan lampu darurat tetap berfungsi dengan baik dan tidak redup saat digunakan. Dengan kondisi lampu yang optimal, berkendara jadi tetap aman dan meminimalisir risiko kecelakaan. 

Kemudian cek komponen rem mobil, pasalnya komponen ini merupakan komponen keselamatan berkendara yang sangat penting.  Saat hendak berkendara baik itu jarak dekat atau jauh, pastikan komponen rem mobil tetap berfungsi dengan baik.

Lakukan pemeriksaan pada cairan rem seperti yang telah disebutkan di atas, lakukan juga pengecekan daya cengkeram rem. Rem yang berfungsi dengan baik akan membantu pengemudi mengontrol laju kendaraan selama berkendara dan menjaga keselamatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya