Kapan Mobil Harus Ganti Kaca Film? Begini Aturan Mainnya

Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA Otomotif – Kaca film menjadi aksesoris penting untuk menangkal sinar UV masuk ke dalam kabin, kaca film juga berfungsi menolak radiasi yang dibawa oleh sinar matahari, masuk ke dalam kabin mobil. 

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Radiasi tersebut di antaranya sinar ultraviolet, yang berbahaya bagi kesehatan manusia jika terapapar dalam waktu lama. Dengan adanya kaca film, maka hal itu bisa dihindari dan suhu kabin menjadi lebih sejuk.

Selain demi kenyamanan saat berkendara, kaca film juga untuk kemananan, tergantung tingkat kegelapannya. Sehingga orang di luar mobil tidak terlalu melihat kegiatan di dalam mobil, atau barang-barang berharga.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Seiring pemakaian, fungsi dari kaca film juga ikut menurun. Maka di dalam mobil tetap terasa panas, atau tidak seperti biasanya. Lantas kapan komponen tersebut diganti agar tetap memberikan kenyamanan?

Pemasangan kaca film.

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Umumnya kaca film harus diganti ketika warnanya sudah memudar, artinya kualitasnya sudah turun dari pada awal pemasangan,” ujar Marketing and Promotion Manager Wincos Indonesia, Siswanto, dikutip Senin 3 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, tanda-tanda lain kaca film sudah berumur adalah fungsinya menahan sinar matahari menurun. Sehingga, saat berada di kabin terasa panas meskipun suhu ruangan sudah diatur sesuai kebutuhan.

“Atau jika dirasa sudah semakin panas suasana di dalam kabin berarti kaca film sudah harus diganti. Rata-rata kaca film awet tiga sampai lima tahun tergantung kualitas,” tuturnya.

Menurutnya kebiasaan buruk pengguna mobil dapat memperpendek usia lapisan film itu adalah cara pemakaian. Diantaranya parkir di luar ruangan, tanpa pelindung. Sehingga langsung terpapar pergantian cuaca, dan cahaya matahari.

Namun Siswanto menyebut tidak semua kaca film yang berumur kualitasnya langsung menurun drastis, dan memiliki tanda-tanda serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya