Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir supaya Tidak Rusak Parah

Sebuah mobil terendam banjir setelah hujan deras turun seharian di Garrett, Kentucky, Amerika Serikat, 28 Juli 2022.
Sumber :
  • Pat McDonogh/USA Today Network via Reuters/as.

VIVA Otomotif – Dalam kurun waktu sebulan terakhir, sebagian wilayah di Indonesia kembali diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi hingga menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir

Video Detik-detik Kecelakaan Mobil Sean Gelael Ditabrak hingga Hancur

Tentunya hal ini dapat mengakibatkan berbagai kerugian, salah satunya kendaraan yang terendam banjir. Tidak jarang juga melihat pemilik kendaraan yang terpaksa menerjang banjir untuk tetap bisa mencapai tujuannya.

Namun, sangat disayang menerobos banjir dapat merusak komponen-komponen yang terdapat pada mesin. Adapun masalah yang akan muncul pada mobil jika terendam banjir seperti, terjadi karat pada mesin sampai potensi aroma tidak sedap pada kabin mobil.

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil yang terendam banjir, perlu lebih memperhatikan kendaraan untuk menghindari kerusakan-kerusakan. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Lifepal, Selasa 25 Oktober, ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika mobil terendam banjir. 

Kaki-kaki mobil

Photo :
Maksa Nyalip dari Kiri, Honda Brio Ringsek Digencet Ban Truk

1. Lepas Kabel Aki dari Mobil
Langkah pertama yang harus diantisipasi adalah melepaskan kabel aki yang berpotensi menghasilkan korsleting. Korsleting listrik pada mesin mobil dipicu karena adanya air yang masuk ke dalam mesin, risiko terbesar dari korsleting pada mesin adalah terjadi ledakan api pada mobil dan mobil mogok.

2. Pengeringan Dimulai dari Komponen Pengapian
Komponen dalam pengapian mesin yang perlu diperhatikan adalah saringan udara, busi, alternator, karburator, delco kabel, dan koil. Jika terkena banjir, maka segera keringkan ornamen pengapian tersebut untuk mencegah kerusakan akibat terendam banjir yang lebih parah di kemudian hari.

3. Kosongkan Tangki Bensin

Menigisi bahan bakar ke mobil.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Penanganan mobil terendam banjir selanjutnya adalah dengan mengosongkan tangki bensin. Mobil yang menerobos banjir rentan terhadap bensin bercampur dengan air pada tangki bensin. Oleh karena itu, menguras tangki bensin dapat menghindari karat dan korosi pada tangki bensin.

4. Menetralkan Tuas Rem Tangan
Selain kosongkan tangki bensin, tips mobil terkena banjir selanjutnya adalah memeriksa bagian tuas rem tangan. Bila tuas rem tangan tidak segera dinetralkan akan menyebabkan kampas rem lengket dan berdampak pada kerusakan mobil yang cukup serius. Sedangkan untuk mobil transmisi otomatis hanya perlu memindahkan persneling ke mode parkir.

5. Keringkan Panel dan Lampu
Hal terakhir yang harus dilakukan yakni keringkan panel dan lampu. Kedua komponen ini cukup berisiko bila mobil menerjang banjir karena pada bagian ini masih terhubung dengan listrik. Lakukan, pembersihan secara detail dan pengeringan secara menyeluruh setelah mobil terobos banjir untuk menghindari risiko terjadinya korsleting listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya