Perlukah Buka Kap Mesin Mobil saat Istirahat di Rest Area? Ini Jawabannya

VIVA Otomotif: Ilustrasi kap mesin mobil
Sumber :
  • YouTube

VIVA Otomotif – Saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil, biasanya kita akan berhenti di rest area untuk beristirahat sejenak dan memeriksa kondisi mobil.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Namun, ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh beberapa pengemudi yaitu membuka kap mesin mobil ketika sedang berhenti di rest area.

Pengemudi yang melakukan kebiasaan ini beranggapan bahwa dengan membuka kap mesin, udara luar akan membantu menurunkan suhu mesin mobil yang telah panas akibat operasi yang lama.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Namun, apakah benar kebiasaan ini diperlukan?

VIVA Otomotif: Ilustrasi kap mesin mobil

Photo :
  • Dok: HMID
Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

Dikutip dari laman Hyundai Indonesia, Sabtu 6 Mei 2023, kebiasaan membuka kap mesin mobil di rest area sebenarnya tidak diperlukan.

Meskipun mobil melakukan perjalanan jauh, suhu mesin akan tetap stabil jika komponen pendinginan seperti radiator dan kipas berfungsi dengan baik. Tidak ada perbedaan suhu yang signifikan antara mesin yang berjalan selama 4 jam dan yang berjalan selama 1 jam.

Membuka kap mesin hanya akan membantu panas keluar dari permukaan mesin saja, dan tidak berpengaruh pada suhu internal mesin.

Selain itu, jika mobil mengalami overheat, membuka kap mesin akan meningkatkan risiko semburan air radiator yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Jika suhu mesin mobil terlalu panas, direkomendasikan untuk menyiram radiator dengan air dari grille terlebih dahulu untuk menurunkan suhu.

Caranya bisa dengan menggunakan botol air minum yang ditusuk untuk disemprotkan ke radiator. Baru setelah suhu radiator turun, maka kap atau tutup radiator bisa dibuka dengan aman.

Selain itu, selalu pastikan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksa dan pastikan ketersediaan cairan pendingin pada radiator, pastikan kipas berfungsi dengan baik, serta pastikan tidak ada kerusakan pada sistem pendingin mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya