Jumlah Tambalan Ban Mobil Ada Batasnya, Banyak yang Tidak Tahu

VIVA Otomotif: Ilustrasi pengecekan ban mobil.
Sumber :
  • Dok: Dunlop

Jakarta – Menambal ban yang bocor kerap dilakukan para pemilik mobil, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa pabrikan merekomendasikan setiap ban hanya bisa ditambal sebanyak empat kali saja.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Menurut informasi dari Dunlop Indonesia, hal itu disebabkan penambalan yang berlebihan bisa merusak struktur dari karet bundar tersebut dan berpotensi mengalami gangguan.

Ban yang telah ditambal beberapa kali cenderung menghasilkan getaran saat mobil berjalan. Permukaan ban yang tidak rata akibat penambalan dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman dan mengurangi kenyamanan berkendara.

Astra International Cetak Laba Bersih Rp 7,46 Triliun di Kuartal I-2024

Risiko kecelakaan juga meningkat akibat tambal ban berlebihan, terutama jika penambalan terletak pada bagian samping ban, yang memiliki konstruksi yang lebih lemah.

Informasi tersebut hanya salah satu dari sekian banyak tips dan pengetahuan yang sebaiknya diketahui oleh para pemilik kendaraan, dan bisa didapatkan dari kegiatan Dunlop Safety Campaign yang berlangsung dari bulan Agustus hingga Oktober 2023.

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

Acara ini diselenggarakan di lima kota besar, mulai dari Jakarta, Bekasi, Semarang, Surabaya dan Bandung. Tujuannya yaitu untuk mengedukasi pelanggan, akan pentingnya pemilihan dan perawatan ban mobil dengan baik dan benar.

VIVA Otomotif: Program Dunlop Safety Campaign.

Photo :
  • Dok: Dunlop

“Melalui kegiatan Dunlop Safety Campaign, kami mengedukasi kepada pelanggan terkait pentingnya melakukan pengecekan rutin ban kendaraan dan penggunaan tipe ban sesuai dengan kebutuhan. Hal ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara,” ujar Direktur Sales and Marketing PT Sumi Rubber Indonesia, Tomohiro Senna melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 7 Agustus 2023.

Selama dua hari pelaksanaan yang berlangsung di Dunlop Shop Lancar Jaya Ban, Jakarta Pusat dimeriahkan lebih dari 200 pelanggan yang berkonsultasi mengenai berbagai berbagai aspek ban dengan para ahli.

“Selain mendapat pengetahuan pemilihan ban yang tepat sesuai kebutuhan, para pengunjung Dunlop Safety Campaign mendapat potongan harga untuk pembelian ban, diskon Rp50.000 untuk spooring, gratis souvenir, dan promo menarik lainnya,” ungkap Manager Advertisment and Promotion SRI, Reinhard Siagian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya