Bawaslu Tak Tutup Kemungkinan Panggil Tokoh di Munajat 212

Malam Munajat 212
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Acara Munajat 212 yang diselenggarakan di Monas, disebut sejumlah pihak sebagai aksi politik yang mendukung salah satu pasangan calon. Sebab dalam pidato sejumlah tokoh, disertai orasi yang menjurus dukungan kepada salah satu calon presiden.

Lalu Lintas Sekitar Monas Tetap Lancar Meski Ada Munajat 212

Terkait tudingan ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat masih menunggu hasil kajian dari Bawaslu DKI untuk menentukan apakah itu termasuk dalam pelanggaran pemilu atau tidak.

"Ini masih kami tunggu, masih kami koordinasikan dengan teman Bawaslu DKI. Kita tunggu saja kajian teman-teman DKI untuk kemudian kami beritakan ke semua," kata Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja di Jakarta Pusat, Sabtu 23 Februari 2019.

Ini Alasan Habib Rizieq Tak Hadiri Munajat Kubro 212 di Monas

Setelah Munajat 212, tim dari Bawaslu DKI Jakarta langsung turun ke lapangan mencari informasi dan fakta yang beredar. Sebab, Bagja menegaskan, penetapan adanya pelanggaran atau tidak, bukan dilihat dari adanya aduan, tetapi berdasarkan temuan di lapangan. 

"Sejauh ini kan ada kalimat-kalimat seperti itu, ada juga doa-doa, ya jangan kemudian saya buat kesimpulan sendiri. Itu bahaya," ujarnya.

Habib Rizieq Tak Tampak di Acara Munajat Kubro 212 Hari Ini

Bagja tidak menampik akan memanggil sejumlah tokoh politik yang hadir dalam acara Munajat 212 tersebut. Sebab, untuk menyimpulkan, diperlukan keterangan dari para tokoh yang hadir.

"Kalau kemudian Bawaslu DKI memerlukan datanya, memerlukan buat kemudian apakah yang bersangkutan diindikasikan melanggar maka mau tidak mau harus diklarifikasi. Jangan sampai kita tidak mendengarkan keterangan dari yang bersangkutan," ujarnya. (art)

Para peserta aksi munajat kubro PA 212 menyerukan kemerdekaan Palestina di Monas

Massa Munajat 212 Teriakkan 'Free Palestine', Baznas Kirim Bantuan ke Palestina Rp 25 Miliar

Ribuan Massa yang tergabung dalam elemen gerakan 212 menyerukan kemerdekaan Palestina di Monas, Sabtu 2 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2023