Lima Negara Sekutu Indonesia hingga Jokowi Kemah di IKN

Ilustrasi wilayah Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berita mengenai negara sekutu Indonesia jika terjadi perang dunia menjadi pemberitaan terpopuler di kanal news VIVA.co.id. Sejak Indonesia berdiri di sisi netral dan sebagai negara non-blok, namun di era masing-masing Indonesia bersandar pada salah satu sisi tersebut. 

Selain berita tersebut, ada juga berita soal persiapan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengamankan Presiden Jokowi berkemah di kawasan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin 14 Maret 2022.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Lalu berita terpopuler selanjutnya yakni mengenai banjir yang mengepung kota Malang, Jawa Timur akibat hujan dengan intensitas tinggi. Selanjutnya ada berita sopir angkot yang menabrak rumah di Depok karena diduga sedang dalam keadaan mabuk. Terakhir ada berita Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang membawa tanah dan air dari gunung-gunung di Jawa Tengah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Berikut ulasan berita terpopuler VIVA.co.id sepanjang hari Senin, 14 Maret yang dirangkum dalam round up:

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

1. Ini 5 Negara yang Menjadi Sekutu Indonesia Jika Terjadi Perang Dunia

 Indonesia merupakan negara yang termasuk ke dalam Asia Tenggara yang selama berabad-abad memiliki sejarah panjang di antara kekuatan Barat dan Kekuatan Timur. Sejak Indonesia berdiri di sisi netral dan sebagai negara non-blok, namun di era masing-masing Indonesia bersandar pada salah satu sisi tersebut.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Pada era Soekarno, Indonesia sedikit terlihat condong ke timur (Uni Soviet) di era Perang Dingin. Namun pada periode Presiden berikutnya, Indonesia sedikit condong ke kekuatan barat tanpa meninggalkan posisinya sebagai negara non-blok yang mencerminkan nilai  “seribu teman dan tidak ada musuh.”

Saat ini, Indonesia meninggalkan nilai liberal asing sebelumnya menjadi lebih pragmatis. Mengutip dari DAL International Review, berikut ini sejumlah negara sekutu Indonesia mulai dari Palestina hingga Thailand. 

Baca selengkapnya di sini

2. 'Alat Perang' Paspampres Buat Jaga Tenda Jokowi di IKN

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengantisipasi berbagai potensi ancaman seperti risiko persebaran COVID-19, penyakit malaria hingga serangan binatang melata saat Presiden Jokowi berkemah di kawasan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin 14 Maret 2022.

Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo, dalam konferensi pers daring disaksikan dari Jakarta, Minggu 13 Maret malam mengatakan setiap orang, termasuk personel keamanan yang masuk ke wilayah dekat Presiden Jokowi selama di IKN Nusantara harus teruji negatif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap (swab).

Selengkapnya lihat di sini

3. Diterjang Banjir, Pengunjung Kafe Berhamburan Selamatkan Motor

Kota Malang Jawa Timur, dikepung banjir setelah dilanda hujan deras disertai petir pada Senin sore, 14 Maret 2022 sekira pukul 16.30 WIB. Banjir parah seperti diantaranya terjadi di kawasan Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang 1, Lowokwaru, Kota Malang.

Genangan air akibat banjir di kawasan ini setinggi lutut orang dewasa. Pengunjung Kafe Kalcer, yang ada di kawasan Jaksa Agung Suprapto, terpaksa berlarian menyelamatkan motor mereka yang terparkir. Sebab, banjir yang terjadi datang secara tiba-tiba dan menggenangi separuh badan motor mereka.

"Ini pertama kali banjir seperti ini. Selama ini ya hanya genangan kecil hujannya hilang airnya hilang. Ini parah, pengunjung harus ngopi di tengah banjir karena airnya masuk sampai tempat duduk pengunjung," kata pemilik Kafe Kalcer, Oneding (37 tahun).

Simak lanjutannya di sini

4. Diduga Mabuk, Sopir Angkot Tabrak Rumah Warga di Depok

Sebuah angkutan kota atau angkot mengalami kecelakaan tunggal menabrak rumah warga hingga terbalik di Jalan Raya Pekapuran, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, pada Minggu, 13 Maret 2022, dini hari.

Kapolsek Cimanggis, Kompol Ibrahim Sadjab, mengatakan peristiwa itu diduga dipicu sang sopir bernama Tendy (20) mengemudikan angkot dalam keadaan mabuk usai pesta miras bersama teman-temannya.

“Menurut informasi, sang sopir hendak pulang dalam keadaan mabuk setelah mengkonsumsi alkohol,” kata Ibrahim kepada wartawan, Senin, 14 Maret 2022.

Selanjutnya baca di sini

5. Ganjar ke IKN Bawa Tanah dan Air dari Gunung-Gunung di Jawa Tengah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang 33 Gubernur dari seluruh Indonesia ke lokasi calon pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Jokowi juga meminta mereka membawa tanah dan air dari daerah masing-masing untuk disatukan di lokasi IKN.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun datang ke lokasi IKN dengan membawa tanah dan air yang disebutnya dari puser Jawa. Tak main-main dua benda tersebut diambil dari sejumlah gunung yang sebelumnya sudah dikonsultasikan kepada para sesepuh Jawa.

"Jawa Tengah itu ada beberapa lokasi yang dikenal sebagai puser bumi. Jadi pusatnya bumi itu ada di Jawa Tengah, lokasi yang jadi pusat kebudayaan, ada peninggalan leluhur dan lainnya. Ya orang tua kan lebih paham, makanya kemudian tanah dan air dari lokasi itulah yang saya bawa," jelas Ganjar saat tiba di Balikpapan.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya