5 Startup di Surabaya yang Bisa Jadi Inspirasi Cari Kerja

Ilustrasi photo: Unsplash / Mimi Thian
Sumber :

VIVA – Menurut data yang dihimpun Masyarakat Industri Kreatif TIK/ Digital Indonesia (MIKTI) dalam Mapping & Database Startup Indonesia 2018, ada 992 perusahaan rintisan (startup) yang tumbuh dan menyebar di Indonesia. 

Angin Segar untuk Startup Pemula

Di Jawa Timur, misalnya, ada 113 startup yang beroperasi. Sebagian besar startup tersebut berdomisili di Surabaya, Malang, dan Sidoarjo. Bidang yang dijalani oleh startup tersebut pun beragam. Salah satu platform pencari kerja, Glints merangkum 5 startup di Surabaya dari berbagai bidang yang bisa jadi inspirasi kamu ketika mencari lowongan kerja di Surabaya. Simak, yuk!

1. Konsultasi pengembangan IT dengan ENERGEEK

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Sumber: energeek.co.id/ 

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Beragam layanan publik saat ini tersedia secara digital dan bisa diakses dengan mudah di internet. Semua hal bisa diurus secara online, tidak perlu selalu datang ke kantor pemerintahan. 

Energeek pun melihat hal tersebut sebagai peluang. Startup ini menyediakan jasa konsultasi dan pengembangan teknologi informasi bagi lembaga-lembaga pemerintahan. Sistem kerja mereka akan terdigitalisasi dan tersedia secara online. Masyarakat pun akan lebih mudah mengakses layanan publik.

Oleh karena itu, lowongan kerja Surabaya yang berkaitan dengan teknologi informasi (information technology/ IT), pengembangan situs, dan desain memiliki prospek yang besar.

2. Mencurahkan isi hati dengan konsultasi online di aplikasi RILIV

Sumber: riliv.co 

Riliv menawarkan aplikasi untuk para pengguna yang ingin curhat atau berkeluh kesah dengan tenaga profesional. Jadi, pengguna tidak perlu memendam masalahnya sendiri, bahkan bisa memperoleh sudut pandang baru terkait masalah tersebut. Identitas pengguna pun dirahasiakan sehingga tenaga profesional yang jadi teman bicara juga tak akan tahu.

Bukan hanya Riliv, sekarang banyak startup yang membuat aplikasi untuk konsultasi online dengan tenaga profesional kesehatan. Kalau kamu punya perhatian atau ketertarikan dengan dunia kesehatan dan senang mengenal orang baru, pekerjaan di startup semacam ini bisa jadi cocok untukmu. Jadi, apakah kamu sudah siap mencari lowongan kerja di Surabaya yang sejalan dengan minatmu ini?

3. REBLOOD bantu program donor darah PMI

Sumber: gadgetren.com 

Masih di bidang kesehatan, Surabaya juga punya Reblood. Startup yang berdiri pada 2015 ini ingin mendorong lebih banyak orang untuk mendonorkan darahnya. Dengan begitu, orang-orang bisa memastikan persediaan kantong darah milik Palang Merah Indonesian (PMI) di kota ini tidak kosong. 

Startup yang bergerak di bidang kesehatan dan sosial memang jadi semakin banyak. Bekerja di startup serupa akan memberikan kamu kesempatan untuk membangun relasi dengan para stakeholder. Di antaranya yaitu PMI dan pengguna yang ingin berdonor darah. Selain itu, secara tidak langsung, kamu sudah memberikan manfaat bagi sesama, di samping berkontribusi pada perkembangan bisnis startup itu.

4. Memudahkan manajemen bisnis dengan MEEBER

Sumber: Google Play

Meeber hadir untuk membantu para pemilik restoran dan rumah makan menjalankan manajemen bisnisnya. Startup ini menyediakan sistem penjualan atau point of sales (POS) yang terpadu di satu aplikasi. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur keuangan dan memantau stok bisnis mereka.

Sistem yang dikembangkan Meeber pasti membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang teknologi informasi. Sebab, sistem tersebut harus membuat pekerjaan para pengguna menjadi efektif dan efisien. Nah, apakah kamu yang punya minat besar dalam teknologi informasi tertarik dengan lowongan kerja Surabaya di startup serupa?

5. NYAYUR bisa kirim pesanan sayur langsung ke rumah konsumen

Sumber: androidappsapk.co

Sejak 2017, startup Nyayur berusaha memudahkan urusan dapur setiap rumah. Aplikasi yang disediakan startup ini membantu konsumen dalam memilih dan memesan sayur-mayur. Pesanan tersebut akan diambil dari pedagang yang telah bekerja sama dan dikirimkan ke rumah masing-masing konsumen. Jika tidak sempat pergi ke pasar, aplikasi ini bisa jadi pilihan. 

Dengan layanan seperti ini, orang-orang yang bekerja di startup ini pasti menghitung biaya yang diambil dari pedagang dan konsumen secara teliti agar menguntungkan semua pihak yang terlibat. Kamu yang penasaran dengan seluk-beluk dunia bisnis—bagaimana memanfaatkan peluang atau mencari profit di setiap kegiatan bisnis—bisa banyak belajar di lowongan kerja Surabaya yang tersedia pada startup sejenis Nyayur.

Beragam sekali, ya, bidang yang digeluti berbagai startup di atas. Beberapa bidang itu bisa jadi inspirasi untuk belajar dan memperoleh kesempatan dari lowongan kerja di Surabaya. Nah, berbagai kesempatan lainnya bisa kamu lihat di Glints Indonesia. Yuk, segera daftar dan jadikan Glints sebagai portal pencarian kerja kamu!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya