Keuangan Kanye West Semakin Terganggu, Benarkah Akan Bangkrut?

Donald Trump dan Kanye West
Sumber :
  • Vanity Fair

VIVA Showbiz – Kanye West bisa saja hanya beberapa bulan dari bencana keuangan yang akan menimpanya.. 

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

Ketika rapper tersebut "dijatuhkan" oleh beberapa perusahaan dan dikutuk oleh tokoh-tokoh besar, sumber mengatakan bahwa meskipun dia memiliki banyak uang, dia juga memiliki pengeluaran yang besar dan bisa segera mendapat masalah jika dia tidak menemukan cara untuk membalikkan keadaan, melansir Page Six, Senin, 31 Oktober 2022. 

Sumber yang mengetahui keuangan West mengatakan bahwa West memiliki lima sumber pendapatan, dan empat di antaranya telah ditutup sepenuhnya atau dikompromikan karena ledakan kata-kata anti-Semit dan dukungannya untuk supremasi kulit putih.

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

Kanye West

Photo :
  • pagesix.com

Menurut sumber yang sama, beberapa tahun terakhir, West telah menghasilkan uang yang sangat banyak dari kesepakatannya dengan Adidas, dengan Gap, katalog musiknya, menjual musik dan kerjasama dengan industri entertainment, dan konser baru.

Ekonom BCA Ramal Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,07-5,14 Persen

Adidas, yang merupakan mesin kekayaan yang sangat masif untuk keuangan West, sudah mengatakan pada pekan lalu bahwa, setelah mengakhiri kesepakatan besar-besaran dengan Yeezy, Adidas akan segera menghentikan pembayaran kepada pihak West. 

Sumber juga mengatakan bahwa akan sulit untuk melawan keputusan itu, karena ancamannya terhadap orang Yahudi dan insiden di mana dia brkata hal porno kepada eksekutif Adidas "berarti mereka bisa bermain keras," menurut orang dalam tersebut.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Gap, yang mengakhiri kesepakatan dua tahun dengannya pada bulan September, berutang sejumlah uang kepada West untuk produk YEEZY x GAP yang dijualnya antara akhir kesepakatan dan Selasa, ketika mengumumkan bahwa mereka menarik barang-barangnya dari rak atas penjualan.

Fashion line Yeezy milik Kanye West.

Photo :
  • U-Report

Sementara dengan konser, yang seharusnya menjadi uang termudah yang dapat dihasilkan oleh bintang seperti West, dan sumber uang tunai cepat yang dapat diandalkan, masih belum kembali terwujud. Kanye seharusnya mengadakan pertunjukan di Stadion SoFi di LA pada 4 November mendatang tetapi itu dibatalkan oleh tempat konser, karena skandal yang ia buat, lanjut orang dalam tersebut. 

Terakhir, mengenai musik baru, orang dalam tersebut memberi tahu bahwa West memiliki album, tetapi belum ada kesepakatan untuk mendistribusikannya. Kontraknya dengan label lamanya Def Jam berakhir pada tahun 2021. Rekaman itu mungkin masih akan memberikan sesuatu sebagai "garis hidup" West, tetapi dia tidak mungkin menjaring sebanyak yang dia miliki untuk album-album sebelumnya.

"Dia adalah pemenang Grammy berkali-kali dan dia memiliki banyak pengikut sehingga albumnya langsung mendapatkan platinum," kata sumber itu, menambahkan bahwa sulit untuk percaya bahwa tidak ada yang mau menerima kesepakatan. 

Adidas bekerjasama dengan Yeezy milik Kanye West

Photo :
  • BBC.com

Albumnya meninggalkan royalti, yang membuatnya mendapat kekayaan bersih sekitar USD$5 juta per tahun, menurut Billboard. "Itu cukup untuk membayar tagihan bensin untuk jet pribadinya," tawa sumber tersebut. Pada bulan September perdagangan musik melaporkan bahwa tim West menguji "keramaian publik" untuk menjual katalognya sekitar $135 juta, tetapi tampaknya tidak mendapatkan minat yang kuat.

Sementara itu, mantan suami Kim Kardashian tersebut memang memiliki “banyak uang tunai dan di atas standar,” tetapi dia juga memiliki “tingkat pembakaran uang tunai yang tinggi.”

West membeli rumah mewah di Malibu, California senilai $57 juta tahun lalu dan menghancurkannya, dan diketahui sedang dibangun kembali hampir dari seluruhnya. Proyek rumah mewah tersebut sangat berisiko karena masalah keuangannya. Dia juga memiliki banyak rumah lain, tetapi banyak dari rumah tersebut yang digadaikan.

Patung lilin Kanye West dan Kim Kardashian di Madame Tussauds London

Photo :
  • Madame Tussauds

West, tentu saja, pernah mengalami kesulitan uang sebelumnya. Jangan lupa bahwa dia mengungkapkan pada tahun 2016 bahwa dia memiliki utang pribadi sebesar USD$54 juta, yang dilaporkan karena banyak upayanya untuk meluncurkan lini mode, serta gaya belanja bebasnya.

Intinya, kata orang dalam, adalah bahwa gaya hidup mewah West didasarkan pada kesepakatan Adidas dan sisanya adalah hal kecil. Tetapi dengan Adidas yang tak lagi bekerjasama, membuat sekitar tiga perempat dari kekayaan bersihnya hilang, menurut Forbes. 

Jadi sumber memperkirakan bahwa meskipun dia memiliki lebih dari $100 juta di bank, dia mungkin memiliki cukup uang di bank untuk bertahan dalam beberapa bulan.

"Ini semua tentang arus kas dan jika ia bisa memangkas (pengeluaran) maka dia bisa menghidupkannya kembali," kata seorang sumber.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya