Pangeran Harry: Pemerintah dan Media Inggris 'Berlumuran Darah'

Pangeran Harry.
Sumber :
  • Instagram @clarencehouse

Inggris – Pangeran Harry pada hari Selasa menjadi bangsawan Inggris pertama dalam lebih dari satu abad yang memberikan bukti di pengadilan dan menuduh beberapa surat kabar Inggris "berlumuran darah".

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Melanggar protokol, pewaris tahta kelima itu juga mengutuk pemerintah Inggris dan pers karena gagal meminta pertanggungjawaban satu sama lain. Bangsawan Inggris biasanya mengikuti praktik yang sama seperti raja, yang sebagai kepala negara Inggris seharusnya berada di atas politik.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Pria berusia 38 tahun itu memiliki hubungan yang bergejolak dengan pers, menganggap surat kabar dan paparazzi bertanggung jawab atas kematian ibunya, Putri Diana.

Pangeran Harry, yang menggugat penerbit tabloid Inggris karena pengumpulan informasi secara ilegal, mengatakan kepada Pengadilan Tinggi London bahwa dia telah mengalami "invasi pers hampir sepanjang hidup saya hingga hari ini."

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Harry, putra bungsu Raja Charles, mengatakan kepada pengadilan bahwa dia telah dikarikaturkan oleh pers secara negatif dan itu telah merusak kesehatan mentalnya. "Berapa banyak lagi darah yang akan menodai jari mereka yang mengetik sebelum seseorang dapat menghentikan kegilaan ini," katanya dalam keterangan saksi.

"Anda kemudian menjadi 'pangeran playboy', 'gagal', 'putus sekolah' atau, dalam kasus saya, 'thicko', 'penipu', 'peminum di bawah umur', 'pengguna narkoba yang tidak bertanggung jawab', daftarnya terus berlanjut," ujar Harry, dikutip dari DW, Rabu, 7 Juni 2023.

Meghan

Photo :
  • 1439944

"Sebagai seorang remaja dan di awal usia 20-an, saya akhirnya merasa seolah-olah saya memainkan banyak tajuk utama dan stereotip yang ingin mereka sematkan pada saya... Itu adalah spiral ke arah bawah," katanya, menambahkan bahwa pelaporan tersebut "benar-benar keji."

Pangeran itu menuduh pemerintah Inggris juga "takut" untuk meminta pertanggungjawaban pers dan melontarkan omelan terhadap keduanya dalam kesaksiannya. "Di tingkat nasional, saat ini, negara kita dinilai secara global oleh pers dan pemerintah kita, yang saya yakin keduanya berada di titik terendah," kata pernyataannya.

"Demokrasi gagal ketika pers Anda gagal memeriksa dan meminta pertanggungjawaban pemerintah, dan malah memilih untuk tidur dengan mereka sehingga mereka dapat memastikan status quo."

Pangeran Harry adalah bangsawan Inggris senior pertama yang memberikan kesaksian selama 130 tahun, dengan yang terakhir adalah putra sulung Ratu Victoria, Bertie, yang menjadi Raja Edward VII. Dia muncul dalam dua kasus: perselisihan tentang kecurangan kartu dan sidang perceraian.

Pangeran

Photo :
  • 540005

Harry dan lebih dari 100 orang lainnya menggugat Mirror Group Newspapers (MGN), yang menerbitkan Daily Mirror, Sunday Mirror, dan Sunday People, atas dugaan pelanggaran yang meluas antara tahun 1991 dan 2011.

Kasus Harry adalah salah satu dari empat kasus uji coba, dengan dugaan spesifiknya menjadi fokus dari tiga hari pertama minggu ini.

Pengacara penggugat berusaha untuk membuktikan bahwa pengumpulan informasi yang melanggar hukum dilakukan dengan sepengetahuan dan persetujuan editor senior dan eksekutif.

MGN memang meminta maaf pada awal persidangan setelah mengakui stafnya secara tidak sah mencari informasi tentang Harry pada satu kesempatan. Itu sebelumnya telah mengakui judulnya bersalah atas peretasan telepon dan telah menyelesaikan lebih dari 600 klaim.

Pangeran

Photo :
  • 1346063

Namun, pengacara MGN mengklaim tidak ada bukti bahwa Harry pernah menjadi korban peretasan telepon, dan menolak tuduhan tindakan melanggar hukum lebih lanjut. Perusahaan media itu mengatakan beberapa informasi pribadi berasal dari pembantu senior kerajaan, termasuk dari salah satu mantan pejabat tinggi ayahnya.

Dalam memoarnya "Spare" dan serial dokumenter Netflix, sang pangeran menuduh keluarganya dan pembantu mereka berkolusi dengan surat kabar atas biayanya untuk meningkatkan reputasi mereka.

Harry tidak muncul pada hari Senin, karena baru saja tiba di Amerika Serikat, tempat dia sekarang tinggal bersama istrinya yang berkebangsaan Amerika, Meghan Markle, pada malam sebelumnya. Hakim Timothy Fancourt mengaku terkejut dengan ketidakhadiran tersebut.

Dia menyalahkan paparazzi karena menyebabkan kecelakaan mobil yang menewaskan ibunya dan mengklaim bahwa pelecehan dan gangguan, termasuk liputan rasis, yang membuat dia dan istrinya, Meghan, melarikan diri dari kehidupan kerajaan di Inggris pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya