Singgung Kedaulatan, Film Barbie Dilarang Tayang di Vietnam

Film Barbie
Sumber :
  • Flickonclick

Vietnam – Pihak berwenang di Vietnam telah melarang penayangan komersial film ‘Barbie’ karya Greta Gerwig.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Film yang diproduksi oleh Warner Bros. ini dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling dan menjadi salah satu film pertengahan tahun yang paling ditunggu-tunggu. Barbie akan dirilis di negara tersebut pada 21 Juli 2023 mendatang.

Film tersebut berisi adegan yang menggambarkan peta dengan "sembilan garis putus-putus", representasi dari klaim teritorial China di Laut China Selatan, yang menurut Vietnam melanggar kedaulatannya.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Ryan Gosling dan Margot Robbie dalam film Barbie

Photo :
  • Warner Bros

Vi Kien Thanh, direktur jenderal Departemen Sinema Vietnam di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, mengatakan pada hari Senin bahwa larangan tersebut diputuskan oleh Dewan Evaluasi Film Nasional.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Banyak tetangga China, termasuk Vietnam, memiliki klaim teritorial yang bersaing dan tumpang tindih dan sangat membantah pernyataan China. Pada tahun 2016, pengadilan resolusi perselisihan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Den Haag memutuskan dengan suara bulat menentang validitas 'sembilan garis putus-putus.'

Namun, meskipun arbitrase Laut Cina Selatan bersifat final dan mengikat, tidak ada mekanisme yang jelas untuk penerapannya dan China mengatakan tidak mengakui keputusan tersebut.

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," kata surat kabar pemerintah Tuoi Tre, juga mengutip Vi Kien Thanh.

Penggambaran serupa dari "sembilan garis putus-putus" sebelumnya telah menimbulkan masalah bagi banyak film dan serial TV di Vietnam. Film animasi DreamWorks ‘Abominable’ dilarang karena alasan yang sama pada tahun 2019 dan ‘Unchartered’ milik Sony mengalami nasib yang sama tahun lalu.

Ryan Gosling sebagai Ken dalam film Barbie

Photo :
  • Page Six

Bahkan, jaringan bioskop CGV didenda karena menayangkan film ‘Abominable’, dan staf di Departemen Sinema Vietnam mendapat teguran disiplin karena tidak segera menemukan adegan yang melanggar itu. Film tersebut pun ditarik setelah lebih dari seminggu di bioskop.

Pada tahun 2020, serial ‘Put Your Head On My Shoulder’ dan “’Madam Secretary’ juga diminta untuk menghapus adegan yang berisi peta tersebut. Sementara itu, pada 2021, Netflix diperintahkan untuk menghapus drama mata-mata Australia ‘Pine Gap’ dari pasar Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya