Pakai Bahasa Ibrani, Kanye West Minta Maaf Atas Pernyataan Kebenciannya Terhadap Yahudi

Kanye West
Sumber :
  • QG

VIVA Showbiz – Rapper Hollywood Kanye West, yang memiliki sejarah panjang dalam melontarkan komentar antisemit dan kebencian terhadap Yahudi, tiba-tiba meminta maaf kepada komunitas Yahudi melalui postingan Instagram yang ditulis dalam bahasa Ibrani.

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

“Saya dengan tulus meminta maaf kepada komunitas Yahudi atas kemarahan yang tidak disengaja yang disebabkan oleh kata-kata atau tindakan saya,” tulis Kanye di Instagramnya, melansir AP, Rabu, 27 Desember 2023.

“Bukan niat saya untuk menyinggung atau merendahkan, dan saya sangat menyesali rasa sakit yang mungkin saya timbulkan,” lanjut rapper yang secara resmi mengganti namanya menjadi Ye pada tahun 2021 itu.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

Pernyataan itu muncul kurang dari dua minggu setelah Kanye melontarkan kata-kata kasar antisemitisme di Las Vegas saat mempromosikan album mendatangnya “Vultures,” yang akan dirilis pada 12 Januari.

Dalam kata-kata kasarnya, dia membuat sindiran berbahaya tentang pengaruh Yahudi dan membandingkan dirinya dengan Yesus Kristus dan Adolf Hitler.

Namun Komite Yahudi Amerika mengkritik penggunaan bahasa Ibrani oleh Ye dalam permintaan maafnya. “Selain aneh dan mungkin merupakan taktik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian, permintaan maaf berbahasa Ibrani – yang diposting tanpa terjemahan – tidak dapat diakses oleh sebagian besar orang Yahudi Amerika yang tidak berbicara bahasa tersebut,” kata AJC dalam sebuah pernyataan.

“Yang pasti, penggunaan bahasa Ibrani untuk berkomunikasi dengan komunitas Yahudi dengan sengaja membuat sebagian besar orang Yahudi Amerika dan, akibatnya, non-Yahud, tidak bisa melihat langsung permintaan maaf Kanye.”

“Meskipun dia mengklaim bahwa dia berkomitmen untuk belajar dan memahami lebih baik, permintaan maaf ini berbicara tentang ‘kesakitan apa pun yang mungkin saya timbulkan’, daripada mengakui rasa sakit yang dia timbulkan,” lanjut AJC.

Kanye memiliki sejarah komentar yang ofensif dan antisemit, termasuk pujian berulang kali terhadap Hitler dan Nazi. Dia juga pernah menyatakan bahwa perbudakan adalah sebuah pilihan dan menyebut vaksin virus corona sebagai “tanda binatang”.

Pada bulan Oktober 2022, ia dikritik karena mengenakan kaus “White Lives Matter” di peragaan busananya di Paris Fashion Week dan men-tweet bahwa ia akan melakukan “death con 3 on JEWISH People,” yang jelas-jelas mengacu pada kondisi kesiapan pertahanan AS.

Belakangan pada bulan itu, rumah mode Balenciaga memutuskan hubungan dengan Kanye dan dia kehilangan kemitraan yang menguntungkan dengan Adidas yang membantu melambungkannya ke status miliarder atas pernyataannya.

“Komentar dan tindakan Kanye baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya, serta melanggar nilai-nilai perusahaan mengenai keberagaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan,” kata perusahaan pakaian olahraga Jerman tersebut saat itu.

Adidas telah menjual sisa sepatu Yeezy senilai ratusan juta euro, mendonasikan sebagian keuntungannya kepada kelompok seperti Liga Anti-Pencemaran Nama Baik dan Institut Perubahan Sosial Philonise & Keeta Floyd.

Namun baru-baru ini, CEO Adidas Bjornn Gulden mengatakan dalam sebuah episode podcast bahwa menurutnya Kanye tidak “bersungguh-sungguh dengan apa yang dia katakan dan menurut saya dia bukan orang jahat.” Gulden kemudian meminta maaf, kata Liga Anti-Pencemaran Nama Baik.

Mantan suami Kim Kardashian itu juga dikeluarkan oleh agensi bakat CAA, dan film dokumenternya dengan MRC Entertainment dibatalkan. Dia tidak dapat mengakses akun Instagram-nya dan akun yang kemudian dikenal sebagai Twitter, meskipun dia telah kembali ke kedua platform tersebut.

Ini bukan pertama kalinya sang rapper meminta maaf atas komentar antisemitnya. Dia menyatakan penyesalannya atas tweet “death con 3” di podcast pada Oktober 2022, menyebut tweet awal sebagai kesalahan dan meminta maaf kepada “komunitas Yahudi” saat hadir di acara "Piers Morgan Uncensored".

Kanye West

Photo :
  • dailymail.co.uk

“Saya akan meminta maaf kepada orang-orang yang saya sakiti atas kebingungan yang saya timbulkan,” katanya di acara itu. Namun kurang dari dua bulan kemudian, dia mengatakan kepada ahli teori konspirasi dan pembawa acara Alex Jones bahwa dia melihat “hal-hal baik tentang Hitler.”

“Kami telah melihat perilaku Kanye ini sebelumnya – kata-kata kasar antisemit dan permintaan maaf lanjutannya,” kata Komite Yahudi Amerika.

Permintaan maaf terbaru Kanye diakhiri dengan pernyataan bahwa dia berkomitmen untuk “belajar dari pengalaman ini” dan berencana untuk “memperbaiki kesalahannya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya