Guru Ngaji Nyambi Jadi Badut, Santri Bikin Film

Konferensi pers film Guru Ngaji
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Laras

VIVA – Film 'Guru Ngaji' karya rumah produksi Chanex Ridhall Pictures akan tayang serentak di seluruh Indonesia pada 22 Maret 2018. Film ini bercerita tentang dilema Mukri (Donny Damara) yang ikhlas mengajar mengaji tanpa pamrih materi. Maka untuk mencukupi kehidupan dirinya dan keluarga, ia harus menjalani pekerjaan sampingan menjadi badut.

Guru Ngaji asal Probolinggo Perkosa Muridnya Hingga Hamil 3 Bulan, Terancam 15 Tahun Penjara

Ditemui VIVA dalam konferensi pers film 'Guru Ngaji' di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 19 Februari 2018, Rosa Rai Djalal sebagai produser film 'Guru Ngaji' menjelaskan film ini diadaptasi dari pengalaman guru mengaji pribadinya sewaktu ia kecil.

"Kita melihat banyak sekali keadaan kehidupan guru ngaji yang masih memprihatinkan. Di daerah-daerah khususnya, banyak guru ngaji yang punya double job untuk memenuhi kehidupannya. Karena itu yang saya lihat sewaktu saya kecil. Saya punya guru ngaji sejak usia dua tahun," kata Rosa.

Guru Ngaji di Pamekasan Ditangkap Polisi karena Cabuli Anak Yatim

"Guru ngaji tidak pernah meminta imbalan, tidak pernah meminta uang, enggak pernah mematok harga. Jadi berapa pun yang kita kasih, apa pun yang kita kasih, kadang sembako, kadang uang, seadanya," kenang Rosa.

"Kadang hanya terima kasih aja mereka menerima dengan ikhlas. Guru ngaji juga manusia. Harus menghidupi anak istrinya. Guru ngaji juga seperti pekerjaan lainnya. Untuk itu, dia harus punya pekerjaan lain dan banyak guru ngaji yang mempunyai double job," lanjutnya.

Oknum Guru Ngaji di Purwakarta Diduga Perkosa 10 Murid Perempuan Sejak 2019

Sebagai tanda kasih, Chanex Ridhall Pictures yang bekerja sama dengan salah satu bank lokal juga mengadakan 25 paket umrah dan 100 tabungan untuk guru-guru ngaji yang dipilih oleh penonton dengan cara yang sudah ditentukan dan dapat dilihat dalam akun Instagram maupun facebook film 'Guru Ngaji'.

Rosa juga menuturkan bahwa Film 'Guru Ngaji' tidak hanya mengangkat nuansa kehidupan reliji saja, tetapi juga penuh pesan mengenai keikhlasan, persahabatan, kejujuran, ketulusan, dan toleransi. (ren)

Arsyad, guru ngaji di Ambon yang bisa 4 bahasa asing

Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing

Arsyad merupakan seorang guru ngaji yang mengajari sebanyak 70 orang anak di rumahnya. Hal yang membuat Nick kagum adalah fakta bahwa Arsyad menguasai 4 bahasa asing

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024