Parasite, Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globes 2020

Film Parasite.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Setelah mendapat sambutan hangat dari para penonton, film Korea Selatan, Parasite, besutan sutradara Bong Joon Ho berhasil memenangkan penghargaan Golden Globes 2020 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Steven Yeun dan Ali Wong, Artis Asia Pertama yang Menang Golden Globe 2024

Sebagai informasi, film drama Korea Selatan ini berkisah tentang keluarga miskin yang memburu pasangan suami istri kaya dengan konsekuensi yang tidak diinginkan.

"Begitu Anda berhasil mengatasi hambatan subtitle setinggi satu inci, Anda akan diperkenalkan dengan begitu banyak film yang luar biasa," kata Bong, yang menggunakan penerjemah untuk menyampaikan pidato penerimaan penghargaannya, dikutip dari The Hollywood Reporter, Senin, 6 Januari 2020.

Outfit Barbie Plus Perhiasan Rp46 Miliar Margot Robbie, Curi Perhatian di Golden Globes 2024

Ia melanjutkan bahwa bisa dinominasikan sejajar dengan sesama pembuat film internasional adalah suatu kehormatan yang luar biasa baginya. Bong menambahkan, di filmnya ini, ia hanya menggunakan satu bahasa, yakni bahasa teater. 

Nominasi lain dalam kategori ini termasuk Farewell karya Lulu Wang (AS), Les Misérables karya Ladj Ly (Prancis), Pain and Glory karya Pedro Almodovar (Spanyol) dan Portrait of a Lady on Fire karya Céline Sciamma (Prancis).

Emma Stone Dedikasikan Penghargaan dari Golden Globe Awards untuk Suaminya

Meski begitu, Parasite tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam nominasi Film Terbaik, karena Hollywood Foreign Press Association (HFPA) menilai film ini memiliki lebih dari 50 persen dialog non-Inggris. Memang Parasite sepenuhnya dibuat dalam bahasa Korea.

Sebagai informasi, Parasite berhasil menerima sambutan hangat dan menjadi hit di box office dan tampaknya siap menjadi film nominasi Oscar pertama Korea Selatan. Setelah menjadi film berbahasa asing terlaris tahun ini, Parasite kini juga menjadi salah satu dari 10 film berbahasa asing terlaris sepanjang masa di box office AS.

Bong juga mengatakan kalau filmnya ini adalah bentuk kritik terhadap kapitalisme dan ketimpangan sosial. Bong mengatakan bahwa ide tentang keluarga miskin yang menyusup ke kehidupan orang kaya adalah sesuatu yang pertama kalli ia gali.

Parasite juga meraih nominasi untuk Penyutradaraan dan Naskah Terbaik, yang mana sangat sedikit didapatkan oleh peraih nominasi film non-bahasa Inggris

Golden Globe Awards ke-77 dipandu oleh Ricky Gervais dan disiarkan pada hari Minggu, 5 Januari 2020 waktu Amerika Serikat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya