Ramai Program China Squid's Victory Dituding Plagiat Squid Game

Squid Game dan Squid's Victory.
Squid Game dan Squid's Victory.
Sumber :
  • Kbizoom

VIVA – Di tengah popularitas dan kesuksesan serial Korea original Netflix, Squid Game, sebuah acara hiburan baru China menjadi sorotan netizen. Diketahui, baru-baru ini, layanan video streaming online (OTT) China, YOUKU mengumumkan peluncuran program hiburan mereka berjudul Squid's Victory.

Menurut pengumuman tersebut, Squid's Victory disebut sebagai variety show sosial pertama di China, di mana para peserta menantang permainan masa kanak-kanak yang membutuhkan kekuatan fisik dan kecerdasan.

Program tersebut terlihat mirip dengan konten inti Squid Game yang menggambarkan proses membangun kerja tim sambil menguji kekuatan fisik dan kecerdasan. Demikian dilansir dari laman Kbizoom, Jumat, 22 Oktober 2021.

Meskipun Squid's Victory hanyalah sebuah judul, netizen tak kuasa untuk tidak membanding-bandingkannya dengan serial Squid Game.

Secara khusus, font dari desain gambar segitiga, persegi empat dan lingkaran yang ditekankan dalam warna pink khas dari Squid Game mengingatkan penonton akan logo aslinya. Ada juga kritik di kalangan netizen China bahwa itu adalah plagiarisme atau parodi.

Beberapa bahkan berkomentar bahwa kru produksi Squid's Victory sengaja menggunakan taktik ini untuk pemasaran dan agar program mereka bisa viral.