7 Fakta Menarik Film Paranoia, Info Soal Nicholas Saputra Mengejutkan

Film Paranoia
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Fakta menarik film Paranoia tengah menjadi perbincangan warganet, sebab film ini akan segera dirilis esok hari, Kami, 11 November 2021. Seolah-olah keluar dari zona nyamannya, sang sutrada, Riri Riza dan produser Mira Lesmana akhirnya merilis sebuah film dengan mengusung genre thriller dengan tajuk Paranoia. Selain itu, beberapa waktu yang lalu, rumah produksi Miles Film telah merilis tiga cuplikan adegan menegangkan yang ada di dalam film tersebut. Potongan pertama, tampak seorang karakter Gion yang diperankan oleh Lukman Sardi masuk ke dalam sebuah rumah dengan ekspresi gusar dan juga penuh amarah.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Cuplikasn video kedua menampakkan tokoh Dina yang diperankan oleh aktris Nirina Zubir sedang berusaha untuk melarikan diri dengan memakai mobil bersama sang anak, Laura. Kemudian, untuk potongan terakhir, tampak karakter Laura yang diperankan oleh Caitlin North-Lewsi tengah membongkar isi meja milik Raka secara diam-diam, tapi aksinya tersebut kepergok oleh salah satu tokoh yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Film ini baru bisa disaksikan oleh para pecinta film thriller esok hari, 11 November 2021. Nah, berikut adalah fakta film Paranoia yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Fakta Film Paranoia?

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

1. Hanya Syuting di Satu Lokasi

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Paranoia memperlihatkan beberapa tempat yang dimulai dari vila, rumah, pantai, sampai lapas. Rupanya, berbagai tempat yang ada di film, fakta menarik film Paranoia hanya berada di satu lokasi saja. Hal ini dilakukan karena saat ini tengah pandemic Covid-19 sehingga dibatasi mobilitas antara manusia dan juga para pekerja seni.

“Kami syuting seluruh kejadian dalam film di satu lokasi. Kamera saya taruh sini untuk lokasi penjara, kamera saya taruh situ untuk dijadikan tempat apa dan seterusnya,” ucap sutradara Laskar Pelangi dan Athirah menyambung seperti disadur dari berbagai sumber.

2. Imajinasi Nicholas Saputra

Setitik bocoran dalam film Paranoia, Nicholas Sapura berperan sebagai seorang arsitek yang bernama Raka. Ia mempunyai latar belakang cukup muram, karena kehilangan anak dan kemudian lari dari kenyataan pahit tersebut. Guna menghidupkan karakter tokoh, Nicholas memakai imajinasi yang berbasis empati.

“Saya dapat membayangkan kehilangan anak itu pasti lebih berat ketimbang kehilangan orang tua,” imbuhnya, kemudian menambahkan “Dia gelisah, gak tau mau ngapain, ditimpa pandemi, sulit posisinya.”

3. Nominasi untuk Nirina dan Beberapa Nominasi untuk Film

Fakta menarik film Paranoia berikutnya datang dari pemeran utama, Nirina Zubir. Karena memerankan karakter Dina yang menanggung kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), ia tampil penuh penghayatan sampai dia dinominasikan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2021. Nirina juga mengungkapkan bahwa karakter Dina sangat menantang dan juga begitu kompleks.

Film yang dijadwalkan tayang esok hari ini sudah melalukan world premiere di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN). Selain itu, beberapa nominasi yang akan diperebutkan dalam Piala Citra di FFI 2021 adalah Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Film Cerita Panjang Terbaik, dan Penata Suara Terbaik.

4. Film Thriller Pertama

Walaupun ini adalah film thriller pertama, sang produser, Riri Riza mengaku tidak ingin memandang proses pembuatan film Paranoia menjadi sesuatu yang berat. Alih-alih, ia justru memperoleh banyak pelajaran yang baru ketika memproduksi film tersebut.

"Saya banyak diskusi dengan produser, DOP. Saya melihat lagi apa itu sudut pandang karena di film ini yang paling penting adalah kita punya empat sudut pandang tokoh. Tentu saja ada hal-hal teknis baru, seperti bagaimana menyiapkan diri untuk sequence action, bermain di ruangan yang lebih gelap, dan bagaimana agar editing bisa membangun ketegangan," tuturnya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

5. Radius 12 Kilometer

Fakta menarik film Paranoia berikutnya adalah Mira Lesmana mengungkapkan bahwa ketika mencari lokasi syuting di tengah pandemic Covid-19 menjadi tantangannya tersendiri. Kebutuhan syuting begitu spesifik dan daerah yang dipakainya harus zona hijau. Hal ini dilakukan untuk kesehatan dan juga keselamatan para pegiat seni dan semua kru.

"Radius kita bekerja itu 10-12 km, kita harus memiliki lokasi yang aman dan bisa dimanfaatkan, jadi penonton gak merasakan kalau film ini ada keterbatasan lokasi," ungkap Mira Lesmana.

6. Nicholas Saputra Brewokan

Aktor tampan Tanah Air, Nicholas Saputra biasanya jarang atau bahkan tidak pernah tampil dengan brewok dan janggutnya. Namun, melalui film Paranoia ini, kamu akan melihat sang aktor, Nicholas Saputra, tumbuh kumis dan janggut.

7. Konsultasi dengan Epidemolog

Fakta menarik film Paranoia terakhir adalah Mira Lesmana mengungkapkan bahwa proses syuting di tengah pandemic Covid-19 merupakan hal baru. Protokol kesehatan sudah tidak bisa ditawar lagi, harus diterapkan. Guna memastikan keamanan dari para pemain dan semua kru, ia sudah berkonsultasi dengan epidemologi dari Universitas Indonesia, Dr. Pandu Riono, MPH., Ph.D.

“Mira mengalkulasi dengan sangat baik. Waktu itu ada konsultan epidemiolog doktor Pandu yang memberikan semua saran, tes mesti berapa kali, bagaimana menjaga kalau sampai ada apa-apa, itu semua dilakukan,” tutur Riri Riza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya