Tayang Perdana Film Mbok dan Bung, Cerita di Balik Nama Gedung Sarinah

Nindi Raras (kiri), Marisa Anita, Kenichi Virendra, Rakes Kumar,Wregas Bhanuteja
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA Showbiz – Ada kisah menarik di balik nama Gedung Sarinah. Diketahui bahwa Gedung Sarinah ini telah dirombak dengan wajah baru yang lebih segar dan estetik. Gedung yang diresmikan tahun 1960an ini memiliki cerita haru dari seorang Soekarno dengan pengasuhnya. Kisah itu dibuat film pendek yang hari Jumat, 22 Juli 2022 resmi ditayangkan perdana di Djakarta Theater XXI yang berjudul “Mbok dan Bung”.

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Film ini juga merupakan bagian dari rangkaian Peresmian Transformasi Sarinah pasca-pemugaran. Sarinah bersama Rekata Studio merilis sebuah film pendek yang terinspirasi dari kisah Bung Karno dengan Sarinah.

Kisah di balik nama Gedung Sarinah

Selain Jaya Baya, Ini 7 Tipe Pemimpin Indonesia Menurut Ramalan Ranggawarsita

Marisa Anita dan Kenichi Virendra

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Film “Mbok dan Bung” yang berdurasi 15 menit ini bercerita tentang sosok Sarinah, pengasuh Kusno (panggilan Bung Karno semasa kecil) yang mengajarkan cinta kasih pada sesama manusia dan peduli pada rakyat kecil. 

Museum Kepresidenan RI Gelar Walking Tour Gratis

Nilai-nilai kehidupan yang diajarkan Sarinah memiliki pengaruh kuat kepada Kusno. Pengaruh itulah yang membuat Kusno tumbuh menjadi seorang yang humanis dan menjadi dasar perjuangan Bung Karno dalam membangun Indonesia.

“Mbok Sarinah merupakan sosok yang menemani masa kecil Bapak Sukarno dan beliau telah memberikan banyak pelajaran untuk menghargai serta mencintai rakyat. Oleh karena itu, beliau memutuskan untuk mengabadikan sang pengasuh melalui nama gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia,” kata Rakesh Kumar Ashok Adwani, Direktur Perdagangan PT Sarinah.

Pemutaran perdana film pendek “Mbok dan Bung” dihadiri oleh putra Presiden Sukarno, Guruh Sukarnoputra dan para pemeran film. Marissa Anita merupakan aktris Pemenang Piala Citra FFI 2021, yang memerankan peran utama Mbok Sarinah, dan aktor cilik Kenichi Virendra pemeran Kusno juga turut hadir dalam acara ini.

“Satu hal penting yang Bapak ceritakan, Mbok Sarinah itulah yang mengajarkan Bapak untuk mencintai semua ciptaan Tuhan, mencintai sesama manusia, menghargai dan rendah hati. Di dalam kehidupan saya pun juga memiliki pengasuh seperti Mbok Sarinah, yang saya bayangkan persis seperti Mbok Sarinah, namanya Nek Joyo, kata Guruh Sukarnoputra.

Lebih lanjut, “Ketika Bapak bercerita tentang Mbok Sarinah, saya juga merasakan hal yang sama dari Nek Joyo. Nek Joyo juga memberi nasihat kepada saya untuk terus sabar dan harus menghargai semua orang.”

Sosok Sarinah

Film Mbok dan Bung

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Wregas Bhanuteja selaku produser film “Mbok dan Bung” mengajak sutradara muda Ninndi Raras dalam memproduksi film yang memiliki cerita, karakter dan pesan yang kuat. Film ini mengambil situasi Mojokerto tahun 1907 sebagai latar belakang cerita. 

Mereka melakukan riset situasi Mojokerto di waktu itu dan perkembangan masyarakat di sana. Menurut Ninndi, seorang perempuan yang bernama Sarinah ini, memiliki karakter dan cara bagaimana ia bersikap, cukup luar biasa pada zaman itu.

“Mbok Sarinah adalah sosok yang banyak menyampaikan pelajaran pada Kusno tentang bagaimana kita hidup menjadi manusia yang harus selalu mengasihi sesama manusia lain dan membantu manusia yang kesusahan dan berkekurangan,”kata Wregas Bhanuteja.

Dari kisah ini bisa di ambil pelajarannya tentang kasih sayang yang tidak selalu harus dari keluarga maupun orang yang memiliki hubungan darah, melainkan bisa datang dari siapapun. Seperti sosok Sarinah yang mengasuh Kusno.

Wregas berharap dengan adanya film pendek ini, setiap manusia selalu menebarkan semangat dan cinta kasih yang berlipat ganda.

“Kami pun memiliki harapan agar semangat untuk manusia menebarkan cinta kasih pun semakin berlipat ganda, sehingga kita bisa hidup bersama-sama di muka bumi ini dengan penuh kedamaian. Itulah mengapa kami memutuskan untuk membuat film ini. Dengan menjadi sosok yang mau mengingatkan, mau berbagi, maupun mau menolong, kita pun turut memberi sumbangan pada kedamaian manusia,” imbuhnya.

Buat kamu yang penasaran dengan film pendek “Mbok dan Bung”, kamu dapat menyaksikan di akun resmi YouTube Sarinah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya