Dibintangi Yama Carlos, Film Seperti Seharusnya Dirilis untuk Hari AIDS Sedunia

Film Seperti Seharusnya dirilis bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia
Sumber :
  • IG @jaringanindonesiapositif

VIVA ShowbizHari AIDS sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Desember. Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada hari ini, Kamis 1 Desember 2022, Jaringan Indonesia Positif merilis film pendek yang berjudul ‘Seperti Seharusnya’.

Bikin Geger, Tentara Bayaran Rusia Kirim Pengidap HIV Perang di Ukraina

Film yang dibintangi oleh Yama Carlos dan Putri Ayudya itu dirilis dalam rangka bagian dari kampanye publik dengan tujuan untuk menyuarakan hak orang dengan HIV agar terbebas dari stigma dan diskriminasi.

Pada saat ditemui awak media, Yama Carlos yang berperan sebagai Reza mengungkapkan bahwa hal yang sangat privat bisa ia rasakan dalam membawakan perannya di film ‘Seperti Seharusnya’ ini.

Sunat Bisa Turunkan Risiko Penularan HIV

Yama mengakui ternyata untuk memerankan karakter tersebut dirinya mengambil pelajaran dari kenangan masa lalu yang sempat berteman dengan pengidap HIV/AIDS. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Hal ini bukan yg baru buat saya, saya mengalami berteman dan kami berteman 2008, beliau berpulang 2011. Main bareng, nginep seranjang dengan teman saya itu, orang dengan HIV,” kata Yama Carlos di kawasan SCBD Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022.

Yama Carlos Resmi Dapat Hak Asuh Anak, Mantan Istri Harus Penuhi Syarat Ini Kalau Mau Ketemu

“Kebetulan teman saya sama dengan karakter Reza. Dia terinfeksi (HIV/Aids) ada di dalam. Nah sama seperti Reza akibat gaya hidup dan lifestyle. Ya sudah saya masukan ke jasmani syuting,” tambahnya.

Sebelum mendapat informasi dan pengetahuan yang cukup, Yama menganggap bahwa virus tersebut sangat menakutkan dan sangat gampang menyebar.

Namun saat ini, Yama sedikit banyak sudah memahami bahwa setiap pengidap HIV/AIDS memiliki hak untuk hidup dengan baik tanpa diskriminasi.

“Sama seperti pengertahuan awam, menganggap virus itu menakutkan dan gampang, ternyata enggak. Dia ada layernya. Ketika dapat informasi cukup, pada dasaranya mereka punya hak untuk hidup,” ucap Yama.

Dengan adanya film Seperti Seharusnya, Yama berharap masyarakat mendapat informasi yang tepat perihal HIV/AIDS. Film tersebut hanya ditayangkan di CGV Pacific Place di momen hari AIDS sedunia.

“Kami harapanya semoga film ini masyarakat pada umumnya dapat informasi, perihal HIV. Kita semua ayo hidup berdampingan kita rangkul mereka,” kata Yama Carlos.

“Supaya setelah nonton film ini penonton lebih awareness (sadar) dan lebih waspada lagi tentang adanya penyakit ini,” tambah Putri Ayudya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya