Yama Carlos Resmi Dapat Hak Asuh Anak, Mantan Istri Harus Penuhi Syarat Ini Kalau Mau Ketemu

Yama Carlos dan Arfita Dwi
Sumber :
  • Instagram Arfita Dwi

TANGERANG – Artis Yama Carlos telah resmi mendapat hak asuh anaknya, Marco Armanda Blessio Carlos. Model kelahiran Semarang ini membeberkan bahwa Marco akan tetap di bawah pengawasannya sesuai putusan pengadilan sehingga akan memberi syarat apabila mantan istri sekaligus ibu kandung Marco, Arfita Dwi Putri, ingin bertemu.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Putusan hak asuh anak ini ditetapkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, pada Kamis 21 September 2023 lalu. Di hadapan awak media, Yama Carlos merasa bersyukur atas putusan majelis hakim tersebut. Bukan tanpa alasan, Yama Carlos mengaku bahwa anaknya yang saat ini dirawat mantan istrinya itu membuatnya sulit untuk bertemu selama lebih dari satu tahun. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Selama hampir setengah tahun lebih kita berjuang mati-matian, pasang surut, hari ini hari yang bersejarah buat kami perjuangkan kami untuk Marco akhirnya dikabulkan Tuhan," ujar Yama Carlos dikutip kanal Youtube, Jumat 22 September 2023.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Pemilik nama lengkap Hamba Ramanda itu menjelaskan bahwa ia tak melarang mantan istrinya untuk bertemu Marco. Akan tetapi, artis berusia 42 tahun itu menegaskan bahwa ada syarat khusus bagi Arfita Dwi Putri bila ingin bertemu. Hal itu dilakukan lantaran Yama Carlos sebagai pemegang hak asuh sehingga bertanggungjawab atas tumbuh kembang anaknya.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

"(Syaratnya) akan saya pantau, kalau mau jalan-jalan sama Marco boleh aja, tapi saya ikut, jangan si Dedy itu yang anak saya udah didoktrin manggil ASP itu Dedy. Negara kan sudah memutuskan itu ke saya," kata Yama Carlos.

Pemain film Siap Gan! itu mengaku bahwa putusan terkait hak asuh anak itu seharusnya sudah mulai diterapkan sejak putusan tersebut ditetapkan. Ia berharap agar putusan ini membantunya dengan Arfita Dwi untuk bisa mengasuh anak sesuai putusan pengadilan.

"Ini udah inkrah negara sudah memutuskan hak asuh Marco jatuh ke saya ayah kandungnya," tandasnya.

Sebelumnya, Artis Yama Carlos melaporkan istrinya, Arfita Dwi Putri ke Polda Metro Jaya didampingi kuasa hukumnya, Ricci. Laporan tersebut berkaitan dengan konflik pernikahannya usai digugat cerai lantaran tak diberi akses bertemu anaknya, Marco Armanda Blessio Carlos.

"Kan ada anak yang dipisahkan dari orangtuanya, yaitu saya, tanpa persetujuan saya. Itu yang mau saya tindak lanjuti," ungkap Yama Carlos kepada awak media, dikutip dari kanal Youtube, Rabu 3 Mei 2023.

Yama Carlos (baju kotak-kotak)

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Bukan tanpa alasan, laporan yang diajukan oleh Yama dengan menempuh jalur hukum lantaran merasa sulit menyelesaikan secara baik-baik dengan istrinya. Arfita, menurut Yama, memberi syarat berbelit untuk memberinya akses bertemu Marco.

"Karena dari si perempuan sangat berbelit-belit untuk akses dan banyak syaratnya, padahal kan negara saja belum memutuskan, status kami ini masih suami istri," jelas Yama.

Padahal, Yama menegaskan bahwa statusnya dengan Arfita hingga saat itu belum resmi bercerai sehingga hak asuh masih dilakukan bersama. Namun, Arfita justru mengambil alih lebih dulu dengan menghilang tanpa jejak membawa anak semata wayangnya.

"Sedangkan, anak saat orangtuanya masih proses, belum bercerai, itu kan haknya sama, imbang, tapi sana ingin menguasai sendiri dengan berbagai alasan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya