Avatar: The Way of Water Jadi Film Terlaris ke-5 di Dunia, Geser Avengers: Infinity War

Avatar: The Way of Water.
Sumber :
  • 20th Century Studios

VIVA Showbiz – Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 berhasil jadi film berpenghasilan tertinggi kelima dalam catatan box office global. Film racikan James Cameron itu meraup penghasilan 2,054 miliar dolar selama enam pekan penayangan.

Tari Kecak Bali Jadi Inspirasi di Balik Soundtrack Film Avatar: The Last Airbender

Mengutip laporan Variety Jumat, 27 Januari 2023, penghasilan yang diperoleh Avatar: The Way of Water tersebut jika dirupiahkan mencapai kurang lebih Rp30 triliun. Wajar saja jika film ini masuk lima besar sebagai film terpopuler sepanjang masa.

Avatar: The Way of Water.

Photo :
  • 20th Century Studios
Aktor Berdarah Betawi Main di Series Avatar: The Last Airbender

Bahkan, masih dari laporan sama, film yang bercerita tentang keluarga Jake Sully dan Neytiri ini berhasil menggeser kesuksesan Avengers: Infinity War dengan pendapatan 2 miliar dolar dari posisi kelima film terpopuler sepanjang masa yang dirilis 2018 lalu.

Capaian box office tersebut membuat Avatar 2 menjadi film pertama yang berhasil melampaui 2 miliar dolar. Tolok ukur yang mustahil diraih semenjak masa pandemi Covid-19.

Sosok Gadis Cantik Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Bahkan, Spider-Man: No Way Home yang pernah menjadi film paling populer di dunia saja tidak dapat melampaui angka tersebut. Meski demikian pencapaian film superhero ini tetap luar biasa dengan penghasilan 1,9 miliar dolar di tengah pandemi Covid-19.

Pencapaian terbaru Avatar: The Way of Water yang bertengger di urutan kelima ini membuat nama James Cameron semakin menguasai puncak box office. Sebelumnya dua film Cameron sudah lebih dulu berada di daftar teratas box office, yakni Avatar (2009) di posisi puncak dengan 2,9 miliar dolar dan Titanic (1997) di posisi ketiga dengan 2,2 miliar dolar.

Meski demikian, sampai saat ini Disney belum mengungkapkan secara rinci anggaran Avatar 2, tetapi The Hollywood Reporter melaporkan bahwa biaya produksi "Avatar 2" setidaknya mencapai 350 juta dolar AS (Rp5,2 triliun) ditambah biaya pemasaran. Studio membagi hasil penjualan tiket dengan pihak bioskop.

Sementara itu, Avatar 3, yang masih dalam proses pembuatan, dijadwalkan bakal debut pada Desember 2024. Film keempat dan kelima dijadwalkan tayang masing-masing pada Desember 2026 dan Desember 2028.

Sebelumnya, Avatar 1 sukses memikat penonton dengan visual inovatif yang menceritakan kisah orang-orang Na'vi sebagai penduduk Pandora. Film yang dirilis pada 2009 ini tetap menjadi film berpenghasilan tertinggi dalam sejarah dengan penjualan tiket secara global sebesar 2,9 miliar dolar AS (Rp43,5 triliun).

Avatar: The Way of Water.

Photo :
  • 20th Century Studios
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya