Film Onde Mande! Jajang C Noer Kesulitan Menghapal Dialog Bahasa Padang

Jajang C. Noer.
Sumber :
  • Instagram @naziracnoer

PADANG – Aktris senior Jajang C Noer kembali menampilkan kemampuan aktingnya dalam film terbaru produksi Visinema yang bekerja sama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital, berjudul Onde Mande! Film itu mengangkat cerita tentang masyarakat Padang, syutingnya pun di lakukan di sana.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Selain Jajang, film Onde Mande! juga dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Ajil Ditto, Shahabi Sakri, dan Jose Rizal Manua. Karena mengangkat cerita masyarakat di tanah Padang, maka hampir semua pemain dalam film Onde Mande! berdialog menggunakan bahasa Padang, salah satunya adalah Jajang C. Noer yang berperan jadi seorang ibu bernama Ni Ta. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Ternyata, harus berdialog menggunakan bahasa Padang menjadi tantangan tersulit yang harus dilalui Jajang. Kepada awak media, ia mengaku berusaha keras untuk menghapal dialog yang akan diucapkan saat syuting dilakukan.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Menghapal kalau di film-film lain kan pakai bahasa Indonesia aja, mungkin juga kadang-kadang logatnya saja. Kalau ini kan kata-katanya dan susunan kalimatnya itu belum pernah saya kuasai," kata Jajang C. Noer di kawasan Senayan Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

"Jadi saya perlu menghapalkannya, sama kayak anak kecil yang menghapalkan sejarah gitu loh. Nah, itu yang bikin saya ada usaha luar biasa," tambahnya.

Tidak mudah, Jajang mengaku susah saat harus menghapal susunan kalimat dalam bahasa Padang.

"Saya menghapalkannya, soalnya susah, saya menghapalkannya tuh bukan hanya kata-katanya, tapi juga susunan kalimat," ungkapnya.

Terlebih, Jajang mengaku tidak ada guru yang mengajari bahasa Padang untuk keperluan syuting. Ia benar-benar membaca naskah lalu menghapalnya. Jajang memerlukan waktu selama kurang lebih satu sampai dua bulan untuk menghapal. 

"Berkali-kali soalnya (menghapal), mesti diulang-diulang, kayak anak SD menghafalnya. Ya mungkin dalam waktu satu bulan atau dua bulan. Enggak (gak ada guru), saya baca dan oh gitu oh gitu," ucapnya.

Tidak berhenti sampai di situ, Jajang sampai latihan berulang-ulang sebelum memulai syuting.

"Take-nya berulang-ulang, kan biasanya sebelum take itu latihan dulu, nah itu yang berulang-ulang. Take-nya juga saya ngelus-ngelus dada. Kalau dibilang oke, yaudah saya percaya," cerita dia.

Film Onde Mande! bercerita tentang Angku Wan (Musra Dahrizal), seorang pensiunan guru yang hidup sebatang kara di sebuah desa nelayan di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat. Angku memenangkan hadiah undian dari sebuah perusahaan sabun. Hadiah bernilai miliaran rupiah tersebut akan ia gunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama.

Namun sebelum mengklaim hadiah besarnya, Angku Wan meninggal. Sepeninggalan Angku Wan, warga desa yaitu Ni Ta (Jajang C Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Si Mar (Shenina Cinnamon) dan pemimpin desa menyusun rencana besar. Mereka berusaha meyakinkan perusahaan sabun bahwa Angku Wan masih hidup demi menuntut hadiah dan mewujudkan pesan terakhirnya. Keadaan semakin runyam tatkala Anwar (Emir Mahira) selaku perwakilan perusahaan sabun datang ke desa secara tiba-tiba untuk memvalidasi pemenang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya