Klarifikasi Sutradara Film Menjelang Magrib Bukan Eksploitasi Agama, Tetapi Isu Sosial

Sutradara, Helfi Kardit
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Helfi Kardit, sutradara film "Menjelang Magrib" yang dibintangi oleh Novia Bachmid, menegaskan ketidaksetujuannya terhadap masuknya filmnya dalam daftar boikot yang disebarkan.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Polemik yang timbul dari film "Kiblat" juga berdampak pada beberapa film yang memiliki unsur keagamaan Islam, baik itu dalam judul maupun ceritanya. Scroll lebih lanjut ya.

Sebuah akun dengan nama @aresdimahdi mengidentifikasi beberapa film yang perlu boikot, termasuk di dalamnya film "Menjelang Magrib". Dalam penjelasannya, Helfi menegaskan bahwa filmnya sama sekali tidak mengandung konten yang menyinggung agama, dan bukan termasuk dalam kategori horor religi.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

"Ada postingan film Menjelang Magrib masuk list film yang eksploitasi agama," ungkap Helfi Kardit saat dihubungi melalui telepon, Rabu, 27 Maret 2024.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

"Itu yang posting katanya ahli agama kebetulan gue ngga begitu tahu juga ini orang ini. Gue jelasin ya film Menjelang Magrib itu tentang ODGJ yang dipasung di rumah pasung dalam kepercayaan mistis dan tahayul," sambungnya.

Helfi menegaskan bahwa filmnya mengangkat isu sosial dan kemanusiaan, tanpa keterkaitan yang berarti dengan agama.

"Justru film ini tema social dan human right, film tentang hak asasi manusia yang dicekam oleh kepercayaan mistis dan tahayul pada masyarakat," ujarnya.

"Film ini tentang kultur bukan agama, di film Menjelang Magrib tidak ada adegan sholat yang didatengi setan atau hantu, atau membaca ayat-ayatsuci Al Quran," tambah Helfi.

Film Menjelang Magrib

Photo :
  • Istimewa

Helfi merasa bahwa pemilik akun @aresdimahdi belum menonton film "Menjelang Magrib", dan hanya membuat penilaian dari judulnya saja.

Menurutnya, pemilik akun tersebut ikut-ikutan tanpa memiliki pemahaman yang cukup dalam menilai sebuah film.

"Gue rasa yang posting dan komen belum nonton film Menjelang Magrib, kalau film Menjelang Magrib eksploitasi agama pasti dari awal tayang dua tahun lalu sudah di protes, ini sih orang-orang yang minim literatur film ikut-ikutan ngejudge aja sih ini," ujarnya.

"Kalau eksploitasi agama ngga mungkin film ini masih di minati di negara-negara mayoritas islam," katanya lagi.

Meskipun sudah tidak tayang di bioskop, film Menjelang Magrib masih menunjukkan tajinya. Film ini sedang tayang juga di platform streaming Planet Horror di Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya