Anak Usia Tiga Tahun, Dude Herlino Sudah Kenalkan Puasa

Dude Herlino dan putranya.
Sumber :
  • Instagram Dude Herlino

VIVA – Ramadan menjadi bulan suci yang dinanti umat Muslim di dunia. Di bulan ini, sejumlah orangtua mulai memperkenalkan buah hatinya mengenai puasa sejak dini supaya anak terbiasa puasa.

Dude Herlino Ungkap Makanan Ini Harus Ada Ketika Buka Puasa dan Sahur Saat Ramadhan, Apa Ya?

Pesinetron Dude Harlino pun telah memperkenalkan puasa kepada putra sulungnya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino, meski buah hatinya itu baru berusia tiga tahun.

"Kita sudah memperkenalkan dia soal puasa. Kalau puasa itu enggak boleh makan, tapi kita belum menyuruh dia untuk puasa karena masih tiga tahun," kata suami Alyssa Soebandono ini di Jakarta Selatan, Sabtu 26 Mei 2018.

Film Satu Hari dengan Ibu Mampu Hipnotis Dude Herlino sampai Billy Syahputra

Rendra, sapaan putra sulungnya pun sering dilibatkan untuk ikut berbuka puasa. Namun tidak untuk sahur, kecuali putranya tersebut ikut bangun pada saat itu. "Kalau dia bangun sendiri, kita ajak untuk sahur," kata dia.

Cara Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Jaga Keharmonisan Meski Beda Usia 11 Tahun

Ayah dua putra itu mengatakan akan mulai melatih kakak dari Malik Mahendra Harlino pada 1 atau 1,5 tahun mendatang untuk berpuasa. Menurutnya, usia 4 atau 5,5 tahun sudah cukup bagi anak-anak mulai menjalankan ibadah puasa.

"Ya kalau sudah besar (4 atau 5,5 tahun) baru kita ajarkan untuk menjalankan puasa tapi setengah hari karena dulu juga saya waktu di usia itu masih TK, masih setengah hari dan belum full," tuturnya.

Baca juga:

Tetap Fit Selama Ramadan ala Dude Herlino

Pria kelahiran 2 Desember 1980 ini pun mengaku akan memberikan penghargaan kepada sang anak jika mampu menjalankan ibadah puasa.

"Nantinya kita siapkan hadiah kalau seminggu bisa puasa, kita kasih hadiah apa dan kalau bisa puasa selama sebulan, kita kasih hadiah apa," kata Dude.

Selain mengajarkan makna puasa, putra sulungnya juga diajarkan surah dalam Alquran. Bahkan, putranya sudah bisa membaca surat-surat pendek Alquran, di antaranya Al-Fatihah, An-Nas dan Al-Ikhlas.

“Sudah bisa baca huruf hijaiyah. Jadi mulai sedikit-sedikit kita perkenalkan,” kata pria yang dikenal religius tersebut.

Sementara soal putra keduanya, kini sudah berusia sembilan bulan. Meski demikian, Malik sudah mulai terlihat aktif, sehingga butuh tenaga ekstra untuk menjaganya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya