Misteri Om Hao & Jejak Sejarah Legenda Kisah Tanah Jawa

Pemilik kanal YoTube Kisah Tanah Jawa, Om Hoe
Sumber :
  • Instagram @omhao13

VIVA –  Belakangan ini, publik jagat dunia maya kerap familiar dengan sosok yang biasa dipangggil 'Om Hao'. Ya pria berkaca mata tersebut rupanya jadi figur yang tengah banyak diperbincangkan terlebih lagi bagi para penikmat tayangan-tayangan konten bermaterikan petualangan spiritual & dunia gaib.

Hakim Gelar Sidang Setempat di Hotel Sultan, Kuasa Hukum Bilang Begini

Om Hao memiliki nama asli Hari Kurniawan, yang lahir di Jombang Jawa Timur pada tanggal 13 April. Om Hao merupakan pentolan Kisah Tanah Jawa, kisah yang diangkat menjadi serial horor misteri di layanan streaming iFlix.

Serial horor besutan sutradara Faozan Rizal tersebut diadaptasi dari buku populer berjudul sama terbitan Gagas Media. Sebelumnya, Kisah Tanah Jawa merupakan sebuah kanal YouTube yang didirikan dan digarap Om Hao, yang telah mampu berbicara dan melihat hal gaib sejak berusia 1 tahun.

Profil Timnas Skotlandia, Misi Akhiri Catatan Buruk di Fase Grup Piala Eropa

Dalam penyajiannya, konten Kisah Tanah Jawa tak cuma mengungkapkan aspek misteri dari sebuah wilayah yang ditinjaunya. Tapi akan ada materi yang menjelaskan mengenai nilai sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi di lokasi tersebut.

“Sebenernya satu tahun ketika saya lahir, sudah beda dengan yang lain. Umur Satu setengah itu sudah bisa berbicara dan minta diantar ke situs-situs bersejarah,” kata Om Hao seperti dilansir VIVA dalam tayangan kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo pada 11 November 2021.

Rumah Modular Jadi Solusi Tekan Konsumsi Energi pada Bangunan, Simak Penjelasannya

Om Hoe yang juga merupakan mahasiswa magister ilmu sejarah UGM 2021 itu juga menuturkan bahwa lokasi tempat tinggalnya dulu berada di dekat situs Majapahit di Trowulan Mojokerto.

Baru setelah ia berusia 3 tahun, maka Om Hao pindah ke Jogja. Dan dari sinilah pengalaman-pengalaman gaib itu pun sering ditampakkan kepadanya.

“Karena pindah ke Jogja itu, saya sering lihat yang menakutkan. Seperti di atas lemari ada sosok makhluk astral yang besar,” ujarnya kepada Denny Sumargo.

“Kemudian sampai saya lulus SD, mata batin kemudian semakin terbuka secara alami. Saat itu saya tidak percaya karena kata orang harus dari keturunan tertentu, nah saya gak ada,” lanjut Om Hao.

Om Hao pun mengakui bahwa untuk bisa memiliki kepekaan gaib tersebut harus berasal dari keturunan yang memiliki Khodam atau melakukan syarat tirakat tertentu.

Dengan kondisi dirinya yang terbilang memiliki kemampuan pada hal tersebut, bahkan pada suatu ketika seorang Kyai pernah berkata bahwa dirinya mendapatkan anugerah dari Tuhan karena dapat melihat hal gaib dan masa lalu.

“Saya masih menolak karena diberikan sesuatu kepada kita adalah tanggung jawab,” tegas Om Hao.

Hingga akhirnya pada tahun 2014 lalu, Om Hao dipercaya sebagai kordinator restorasi berbagai bangunan-bangunan bersejarah. Dan Om Hao pun menuturkan bahwa ia sampai didatangi ‘pemilik’ bangunan bersejarah tersebut.

“Bangunan yang dulunya angker, saya dan teman-teman komunitas bisa merubah tempat itu menjadi laboratorium untuk belajar arsitektur dan sejarah,” jelasnya.

“Ada orang-orang Belanda datang di dalam mimpi, ini ubinnya bukan seperti ini, itu catnya tetap putih, dekorasinya seperti ini. Itu saya ikuti dan ternyata benar dengan foto-foto sejarah,” kata Om Hao.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya