Profil Paing Takhon Artis Myanmar yang Divonis 3 Tahun Bui

Aktor Myanmar, Paing Takhon
Sumber :
  • Instagram Paing Takhon

VIVA – Artis asal Myanmar Paing Takhon jadi sorotan dunia karena divonis tiga tahun penjara akibat aksi protes massalnya. Paing Takhon diketahui ikut ambil bagian dalam protes massal yang terjadi di berbaai wilayah negara tersebut setelah kudeta militer pada Februari. Seperti apa profil lengkap Paing Takhon? Yuk simak berikut ini. 

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

Dikutip laman BBC, Paing Takhon adalah model dan aktor dengan jutaan penggemar. Salah satu selebritas paling populer Myanmar ini divonis penjara selama tiga tahun karena ikut serta dalam protes massal yang mengguncang Myanmar menyusul kudeta militer Februari lalu.

Paing Takhon, ambil bagian dalam protes anti-kudeta dan juga vokal mengecam pemerintah secara online. Militer Myanmar merebut kekuasaan setelah klaim kecurangan pemilu.Sejak itu, ia terlibat dalam kampanye represi yang brutal.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Takhon ditangkap pada bulan April oleh sekitar 50 tentara yang tiba dengan delapan truk militer pada pukul 05:00 waktu setempat, menurut sebuah posting Facebook saudara perempuannya.

Penasihat hukumnya Khin Maung Myint mengatakan bahwa dia telah dijatuhi hukuman kerja paksa, menambahkan bahwa keluarganya sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan banding.

Apa Beda Junta Militer dengan Kudeta? Ini Jawabannya

Pria berusia 24 tahun itu sebelumnya terlihat berpartisipasi dalam beberapa demonstrasi dan pawai.

Dia juga memposting gambar pemimpin sipil terguling dan ikon pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena menghasut perbedaan pendapat dan melanggar aturan COVID-19.

Paing Takhon terlihat bergabung dengan beberapa protes baru-baru ini. "Kami mengutuk keras kudeta militer. Kami menuntut pembebasan segera penasihat negara Daw Aung San Suu Kyi, Presiden U Win Myint, menteri pemerintah sipil dan anggota terpilih dari perliment," kata Takhon dalam sebuah pos daring.

"Kami menuntut untuk menghormati hasil pemilu 2020 dan membentuk pemerintahan sipil baru secepatnya oleh NLD yang dipimpin perlemen."

Akun Instagram-nya dengan lebih dari satu juta pengikut dihapus tak lama setelah penangkapannya, bersama dengan akun Facebook-nya. Namun, akun Instagram-nya tampaknya telah dihidupkan kembali oleh akun penggemar.

Seorang kenalan dekatnya, yang tidak ingin disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa Takhon menderita depresi dan kondisi fisik ketika dia ditangkap, menambahkan bahwa dia bahkan tidak bisa berdiri dengan tegap.

Namun, mereka menambahkan bahwa dia sadar akan konsekuensi yang menunggunya, menambahkan bahwa dia tidak takut sama sekali.

Takhon bukan satu-satunya selebritas yang ditangkap - seorang pemenang kontes kecantikan Myanmar yang berbicara menentang kudeta dan seorang komedian terkenal juga termasuk di antara mereka yang ditahan oleh pihak berwenang.

Para pemimpin militer Myanmar merebut kekuasaan pada Februari setelah menderita kekalahan pemilu besar-besaran di tangan Liga Demokrasi Nasional yang berkuasa.

Ia mengklaim tidak punya pilihan selain mengatur kudeta karena penipuan yang meluas dalam pemilihan, meskipun komisi pemilihan negara itu mengatakan tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini.

Berita kudeta memicu demonstrasi sipil skala besar di Myanmar, yang dibubarkan militer dengan kekuatan brutal.

Sejak itu, setidaknya 1.178 orang telah terbunuh dan 7.355 ditangkap, didakwa atau dijatuhi hukuman dalam tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP).

Profil

Model dan aktor Myanmar Paing Takhon

Photo :
  • Instagram/@paingtakhonfanclubmyanmar)

Paing Takhon memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model catwalk pada tahun 2014, dan tak lama dia terjun ke dunia aking juga terjun menjadi bintang iklan dan video musik. 

Dia juga terjun di dunia musik meluncurkan album solo pertamanya pada tahun 2017, dan pada tahun yang sama, mengambil peran utama pertamanya dalam film "Midnight Traveler". 

Dia juga pernah masuk dalam daftar "100 Wajah Paling Tampan 2020" dari TC Candler, "10 Aktor Teratas" Myanmar Times pada tahun 2019, dan ""23 Stunning South Asian Men That Are Too Gorgeous For Words" di 2018 dari Buzzfeed. 

Perjalanan kariernya juga dihiasi sebagai bintang untuk beberapa merek terkenal, termasuk Pond's Myanmar, dan kemudian Oppo, operator seluler Telenor dan Sunkist. Selengkapnya baca di halaman berikut.

Terkenal

Paing Takhon

Photo :
  • Twitter

Pada 2019, Takhon semakin terkenal di negara tetangga, Thailand. Ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk seorang selebriti dari Myanmar. Tahun itu, ia mulai tampil dalam iklan dan acara televisi di Thailand, dan kemudian menjadi duta Komunitas Ekonomi ASEAN. Dia menjadi sangat populer pada September 2019.  Awal tahun 2021 ini, foto Takhon menjadi viral, setelah ia mengunggah foto dirinya dengan kepala gundul dan mengenakan jubah biksu berwarna merah anggur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya