Selain Ashanty, 6 Orang dalam Rombongannya juga Positif COVID

Ashanty
Sumber :
  • IG @ashanty_ash

VIVA – Penyanyi Ashanty terkonfirmasi positif COVID-19. Hal itu diketahui setelah Ashanty menjalani PCR setibanya di Indonesia usai melakukan perjalanan dari Turki. Selain Ashanty enam orang dari rombongan yang ikut juga dinyatakan positif.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Ada enam lainnya, iya positif COVID," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung (P2PML), dr. Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 7 Januari 2021.

Lebih lanjut, kata Nadia, saat ini keenam orang tersebut sudah dibawa ke salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Begitu pula dengan Ashanty.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ashanty

Photo :
  • Instagram @ashanty_ash

"Di rumah sakit di Jakarta Selatan," kata Nadia.

Kondisi Terkini Anang Hermansyah dan Ashanty di Dubai, Kepulangan Tertunda Akibat Badai

Sebelumnya, Ashanty diketahui  terkonfirmasi positif saat menjalani PCR ketika tiba di Indonesia. 

"Memang, ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif (COVID-19) dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia.

Virus Omicron

Photo :
  • Times of India

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan berdasarkan prosedur Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang hasil PCR positif akan menjalankan pemeriksaan tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) dan whole genome sequencing.

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi varian Omicron secara akurat harus dilakukan dengan tes khusus yakni dengan whole genome sequencing. Namun tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) juga kemungkinan besar dilihat melalui tes ini.

"Sesuai prosedur yang ada semua kasus positif PPLN kita lakukan pemeriksaan SGTF dan Whole Genom Sequencing untuk memastikan variannya," kata Nadia.

Namun hingga saat ini, pihak Kementerian Kesehatan belum bisa memastikan apakah Ashanty benar terpapar varian omicron. Sebab saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan keduanya. Maksimal dua hari (hasilnya keluar)," ucap Nadia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya