Ada 'Orang Besar' di Balik Kasus Tangmo Nida?

Tangmo Nida.
Sumber :
  • Instagram @melonp.official

VIVA – Kasus kematian aktris Thailand, Tangmo Nida Patcharaveerapong sudah berjalan. Selama dua pekan ini pula masyarakat setempat masih ragu dengan cara polisi setempat menjalankan penyelidikan.

Pengakuan Yudha Arfandi Tengok Kanan Kiri Sebelum Tenggelamkan Dante

Keraguan masyarakat terhadap penanganan kasus kematian Tangmo Nida semakin meningkat setelah pihak penyidik kepolisian mengumumkan pada Selasa 8 Maret 2022 bahwa berdasarkan bukti dan saksi menunjukkan bahwa kasus kematian Tangmo Nida lantaran kelalaian sejumlah pihak, bukan murni pembunuhan.

Dilansir dari laman Bangkok Post, banyak orang yang tidak percaya dengan hasil tersebut, mengingat banyaknya kejanggalan dalam kasus kematian Tangmo Nida.

Fakta-fakta Reka Ulang Adegan Kematian Dante, Yudha Arfandi Sempat Akses CCTV Kolam Renang

Namun dari itu semua, publik skeptis apakah polisi dapat menangani kasus ini secara transparan karena salah satu tersangka adalah orang kaya dan memiliki koneksi dengan orang-orang berpengaruh di dunia politik.

Keraguan yang menyelimuti penyelidikan mengungkapkan banyak hal tentang kurangnya kepercayaan publik pada polisi.

Tamara Tyasmara Serahkan Bukti Tambahan Kasus Kematian Dante, Apa Itu?

Orang-orang masih ingat tuduhan bahwa polisi membantu Red Bull scion Vorayuth "Boss" Yoovidhya menghindari penangkapan dan tetap buron hingga hari ini, setelah dia mengendarai Ferrari-nya dan membunuh seorang polisi di Bangkok bertahun-tahun yang lalu.

Tangmo Nida

Photo :
  • The Thaiger

Publik kembali dikejutkan dengan penyiksaan fatal terhadap tersangka narkoba oleh "Joe Ferrari", saat itu inspektur polisi Nakhon Sawan, yang terjadi pada tahun lalu. Jadi ketika polisi mendesak masyarakat untuk "percaya pada polisi dan sistem peradilan"  ini adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Minimnya kepercayaan terhadap pihak kepolisian membuat banyak orang mempercayai berita bohong terkait kematian Tangmo Nida.

Beberapa orang telah menerima teori konspirasi yang dijajakan oleh Mongkolkit Suksintharanon, pemimpin Partai Peradaban Thailand, dan Santhana Prayoonrat, mantan wakil pengawas Cabang Khusus, bahwa aktris itu mungkin sengaja dibunuh.

Polisi mengatakan mereka akan menyelesaikan kasus ini pada akhir minggu ini atau minggu depan.

Mayjen Pol Udorn Yomcharoen, wakil komisaris Polisi Provinsi Wilayah 1, mengatakan pada hari Selasa bahwa Phaiboon "Robert" Trikanjananun telah memberi tahu penyelidik bahwa dia memiliki sedikit pengetahuan tentang mengemudikan perahu dan ingin mencobanya pada malam 24 Februari.

Polisi juga mengatakan barang bukti tidak menunjukkan adanya jejak penggunaan narkotika pada malam itu. Malam itu, Phaiboon dan lima orang lainnya, termasuk Tangmo Nida, melakukan perjalanan dengan speedboat di Sungai Chao Phraya. Mereka kemudian mengklaim bahwa dia jatuh dari kapal setelah mencoba buang air di bagian belakang kapal.

Mereka juga mengaku mabuk setelah mengonsumsi wine. Polisi mengklaim pada satu titik bahwa seseorang telah mengaku telah menggunakan narkotika, tetapi ini masih belum diverifikasi.

Di sisi, polisi telah dikritik karena 'menyeret kaki mereka'. Alih-alih memanggil kelimanya untuk diinterogasi sesegera mungkin dan meminta mereka menjalani tes urin dan darah, mereka membiarkan terlalu banyak waktu berlalu.

Patut dicatat bahwa kelima orang itu mengembalikan perahu ke garasi pribadi pada 24 Februari, beberapa jam setelah kejadian. Perahu kemudian dibersihkan. Kelimanya melaporkan diri ke polisi dua hari setelah kejadian, dan melakukan tes urin empat hari kemudian.

Dengan demikian, ada cukup waktu untuk bukti telah dirusak. Diketahui juga bahwa beberapa orang di kapal bertemu lagi di restoran dan berdiskusi dengan seorang politisi tentang bagaimana menangani kasus ini.

Penyelidikan kasus Tangmo Nida ini disebut-sebut dapat membuat atau menghancurkan reputasi Polisi Kerajaan Thailand. Meminta publik untuk percaya pada mereka dan proses peradilan sama sekali tidak memotongnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya