12 Pasangan Artis Gelar Nikah Beda Agama, No 8 Sempat Bikin Geger

Pose Irfan Bachdim dengan sang istri, Jennifer Kurniawan
Sumber :
  • instagram.com/jenniferbachdim/

VIVA – Nikah beda agama masih menjadi buah bibir khususnya di tengah masyarakat Indonesia. Nikah beda agama masih dianggap tabu karena Indonesia sangat kental dengan budaya Timur yang mana pernikahan diharapkan sebagai bersatunya seorang laki-laki dan perempuan yang seiman dan berjanji akan saling mencintai hingga akhir hayat. Lalu, bagaimana pernikahan beda agama menurut pandangan agama Islam?

Tangan Rizky Febian Gemetar Saat Prosesi Ijab Kabul Sampai Menangis Bahagia

Melansir dari laman Nahdlatul Ulama (NU), agama Islam secara terang-terangan melarang adanya pernikahan beda agama. Dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 221 disebutkan “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik”.

Merujuk penjelasan ulama Ahlussunnah wal Jama’ah, maksud ayat tersebut adalah larangan berupa keharaman. Wali diharamkan menikahkan wanita muslimah dengan lelaki nonmuslim dari golongan apa pun. Dalam konteks ini, Imam as-Syafi’i menegaskan: "Tidak halal bagi lelaki yang masih menyandang status kufur untuk menikahi wanita muslimah, dan budak perempuan muslimah sekalipun selamanya. Dalam hal ini tidak ada bedanya antara kafir dari ahli kitab maupun kafir dari golongan lainnya."

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Kehidupan para selebriti pun tak jarang disorot. Ya, tak sedikit pula pasangan artis yang menggelar nikah beda agama. Siapa saja?

1. Irfan Bachdim dan Jennifer Kurniawan

Kisah Influencer Kota Malang Maju Jadi Calon Wakil Wali Kota Pakai Uang Nikah

Irfan Bachdim dan istrinya, Jennifer Kurniawan

Photo :
  • https://www.instagram.com/ibachdim/?

Terlihat kompak dan romantis, pasangan Irfan Bachdim dan Jennifer Kurniawan juga jadi pasangan suami istri yang menggelar nikah beda agama. Mereka menikah sejak tahun 2011 lalu, kemesraan mereka tetap bertahan hingga sekarang. Meski berbeda keyakinan, tak menjadi penghalang mereka untuk mengikat janji hingga akhir hayat. Irfan dan Jennifer juga selalu memberikan toleransi kepada agama masing-masing. Hingga saat ini keduanya masih suka pamer kemesraan di media sosial. Jennifer dan Irfan tak pernah dilanda isu tak sedap. Semoga langgeng ya!

2. Rio Febrian dan Sabria Kono

Rio Febrian & Sabria Kono

Rio Febrian & Sabria Kono

Photo :

Rumah tangga Rio Febrian dan Sabria Kono menjadi pasangan artis jauh dari kabar miring. Meski keduanya berbeda keyakinan, pasangan ini mantap menikah pada 3 Februari 2010 di Bangkok, Thailand. Hingga kini, kisah cinta pasangan ini berjalan harmonis dengan tetap mempertahankan keyakinan masing-masing.

3. Nana Mirdad dan Andrew White

Nana Mirdad dan Andrew White

Photo :
  • Instagram Nana Mirdad

Sama seperti kedua orangtuanya, Nana Mirdad dan Andrew White adalah menjalin pernikahan harmonis meski berbeda agama. Andrew memeluk Katolik dan menikahi Nana yang memeluk Kristen Protestan pada 13 Mei 2006. Sudah belasan tahun berumah tangga dan dikaruniai anak, keromantisan pasangan ini tak pernah hilang. Pasangan yang menetap di Bali ini menyibukkan diri dengan berbisnis dan mengurus anak. Tak jarang mereka dianggap sebagai couple goals. Seru banget!

4. Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

Sudah menikah selama belasan tahun, membuat cinta Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen tidak terbantahkan. Meski berbeda agama, keduanya sepakat untuk saling menghormati perbedaan masing-masing. Pasangan ini jauh dari gosip miring perihal rumah tangga mereka yang sudah dibangun sejak tahun 2003. Tak hanya kompak sebagai suami istri, keduanya juga bekerja sama membangun rumah produksi dengan nama Alenia Pictures.

5. Jamal Mirdad dan Lydia Kandou

Jamal Mirdad dan Lydia Kandou

Photo :
  • Instagram

Saat masih jadi sepasang suami istri, pasangan ini sempat menjadi panutan oleh warganet karena tetap harmonis walaupun menjalin biduk rumah tangga dengan perbedaan keyakinan. Diketahui Lydia menganut agama Kristen yang kemudian menikah dengan Jamal yang beragama Islam tahun 1986 silam.

Tiga orang anak dari hasil pernikahan keduanya dibebaskan untuk memilih kepercayaan salah satu dari yang diyakini oleh Lydia dan Jamal. Mereka juga saling memberikan toleransi kepada keluarga, contohnya ketika merayakan Natal dan Idul Fitri. Tapi sayang, rumah tangga yang sudah dirancang selama 26 tahun tersebut harus berujung di meja perceraian tahun 2013. Walaupun demikian, keduanya tetap berhubungan baik dan saling bertemu dengan semua anak-anaknya.

6. Novita Angie dan Sapto Haryo Rajasa

Novita Angie

Photo :
  • Nuvola Gloria/ VIVA

Pembawa acara kondang Novita Angie juga selalu mesra dengan suaminya, Sapto Haryo Rajasa yang berbeda keyakinan. Rumah tangga mereka sudah berjalan belasan tahun dan jauh dari gosip tidak sedap. Perbedaan keyakinan pasangan ini bukan penghalang untuk tetap harmonis dan kompak. Novita dan Sapto menikah pada 29 Juni 2001 lalu. Hingga saat ini mereka masih akur-akur saja hidup bahagia dengan anak-anaknya.

7. Sarah Sechan dan Neil Furuno

Sarah Sechan dan Neil

Photo :
  • Instagram / sarah sechan

Pasangan yang menikah pada 6 Maret 2015 ini masih tetap harmonis hingga kini. Pernikahan ini merupakan pernikahan kedua Sarah setelah sebelumnya kandas pada 2011. Sarah Sechan dan Neil Furuno menikah di Los Angeles kala itu. Kini Sarah dan keluarganya menetap di Singapura.

8. Asmirandah dan Jonas Rivano

Asmirandah dan Jonas Rivano

Photo :
  • IG @asmirandah89

Dua artis sinetron populer, Asmirandah dan Jonas Rivanno pernah menghebohkan tanah air karena pernikahan dan pindah agama. Pada tanggal 17 Oktober 2013, keduanya diam-diam menikah secara Islam usai Jonas menjadi mualaf. Pernikahan tersebut dibatalkan sebab Jonas kembali dengan keyakinan lamanya, dimana Asmirandah juga ikut berpindah menganut agama Kristen. Mereka akhirnya menikah dengan keyakinan tersebut pada 22 Desember 2013 dan menerima hujatan dari banyak netizen.

9. Ajun Perwira dan Jennifer Jill

Ajun Perwira dan Jennifer Jill Supit

Photo :
  • Instagram Ajun Perwira

Tak hanya perbedaan usia yang sangat jauh, pasangan ini juga menggelar nikah beda agama. Diketahui, Ajun yang berasal dari Bali adalah beragama Hindu. Sementara si sosialita cantik Jennifer Jill beragama Kristen. Jennifer memang seorang janda kaya dengan aset miliaran rupiah. Kehidupan dia dan Ajun hingga saat ini masih terlihat tentram dan bahagia. Semoga langgeng ya Mami Ipel dan Bli Ajun!

10. Anthony Xie dan Audi Marissa

Audi Marissa dan Anthony Xie

Photo :
  • Instagram @audimarissa

Pernikahannya sempat tak direstui sang bunda, Audi Marissa dan Anthony Xie kini makin harmonis. Lantaran nikah beda agama pada tahun 2020 lalu, pernikahan dua bintang sinetron Anak Langit ini sempat ramai bahkan publik bertanya-tanya perihal keyakinan yang dianut Audi usai menikah dengan Anthony.

Sebelumnya santer berhembus kabar bahwa Audi mengikuti agama Anthony dan menikah secara Nasrani. Setelah dipendam selama 1,5 tahun akhirnya jawaban atas agama yang dipeluk oleh Audi Marissa terungkap. Ya, Audi telah berpindah keyakinan dari Islam ke Kristen mengukuti Anthony.

11. Tamara Bleszynski dan Mike Lewis

Tamara & Mike Lewis

Tamara & Mike Lewis

Photo :
  • VIVAnews/Beno Junianto

Sesudah berpisah dengan Teuku Rafly, Tamara kemudian menikah lagi dengan salah seorang aktor bernama Mike Lewis. Pernikahan mereka sempat menghebohkan publik lantaran digelar secara diam-diam tanggal 2 Februari 2010 lalu di Bali. Bukan hanya itu, pasangan ini juga mempunyai keyakinan yang berbeda. Diketahui Tamara memeluk agama Islam, sedangkan Mike Lewis memeluk agama Kristen. Tapi sayang, pernikahan mereka harus berakhir dalam perceraian tanggal 28 Mei 2012. Meskipun sudah bercerai, baik Tamara atau Mike tetap berhubungan baik dan bersahabat dalam merawat anak semata wayangnya yang bernama Kenzou.

12. Dewi Sandra dan Glenn Fredly

Dewi Sandra

Photo :
  • Instagram @dewisandra

Usai bercerai dengan Surya Saputra, Dewi Sandra sempat menikah dengan Glenn secara berbeda agama tahun 2006 silam. Kala itu, Dewi menganut agama Islam sementara Glenn memeluk agama Kristen. Pernikahan yang tertutup tersebut hanya bisa bertahan selama 3 tahun dan mereka memutuskan untuk bercerai pada 2009. Sesudah bercerai, Dewi kembali menikah dengan Agus Rahman pada tahun 2011 silam dan hidup bahagia hingga saat ini.

Ilustrasi Alquran.

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Mantan artis cilik, Dadashka membagikan kisahnya menjadi seorang mualaf. Hal ini bermula lantaran ketakutannya dengan Alquran dan umat Islam. Berikut kisah lengkapnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024